Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Honda Luncurkan Motor Listrik di Indonesia?

Kompas.com - 29/03/2018, 10:07 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Honda Motor Company di Jepang diketahui sudah beberapa kali memamerkan produk sepeda motor bertenaga listrik. Salah satunya PCX EV pada ajang Tokyo Motor Show 2017.

Sampai sejauh ini, hal yang sama belum dilakukan Honda di Indonesia. Namun bukan berarti Astra Honda Motor (AHM) tak melakukan riset mengenenai motor masa depan tersebut.

Baca juga : Honda Mengaku Produksi Motor Listrik Belum Menguntungkan

Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya mengatakan, pada 2016 pihaknya sudah melakukan riset motor listrik bersama kalangan akademisi dari Universitas Indonesia. Pada 2017 silam, hasil riset sudah disampaikan kepada pemerintah. AHM menargetkan sudah bisa meluncurkan motor listrik paling cepat pada akhir 2018.

Honda EV-Cub siap tampil di Tokyo Motor Show 2015.Honda Honda EV-Cub siap tampil di Tokyo Motor Show 2015.

"Kita lihat mudah-mudahan di penghujung tahun ini atau awal tahun depan kita bisa memperkenalkan teknologi EV di Indonesia," kata Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya di Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Thomas belum dapat memastikan apakah peluncuran nantinya langsung diikuti dengan proses produksi. Sebab AHM masih melakukan evaluasi yang komprehensif dengan mempertibangkan beberapa faktor, dari mulai kesiapan infrastruktur hingga regulasi pemerintah.

Baca juga : Honda Belum Yakin Produksi Motor Listrik di Indonesia

"Kalau untuk desain kita sudah ada PCX. Tapi kita juga harus memperhatikan bagaimana infrastuktur yang harus disiapkan untuk konsumen, bagaimana pengelolaan limbahnya, bagaimana infrastruktur yang harus dibangun dan regulasi pemerintah untuk produsen EV akan seperti apa," ujar Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com