Cuma Jual 3 Model, Ada Apa dengan Kia di Awal 2018?

Kompas.com - 23/03/2018, 08:02 WIB
All New Kia Rio IIMS 2017 Stanly/KompasOtomotifAll New Kia Rio IIMS 2017

Jakarta, KOMPAS.com - Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales Kia pada dua bulan pertama 2018, hanya menjual tiga model, yaitu Grand Sedona, Rio, dan K2700 (Travello). Total penjualan Januari dan Februari tahun ini hanya 106 unit.

Padahal model yang dijual Kia di Indonesia, cukup banyak seperti Sportage, Picanto, dan Sorento. Lantas, ada apa dengan Kia di awal tahun ini?

General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Ridjal Mulyadi menjelaskan bahwa suplai dari Korea Selatan sedang ada masalah, sehingga tidak bisa mengirim unit cukup banyak ke semua diler yang ada.

"Pasokannya di awal 2018 ini memang seperti itu, jadi kami hanya bisa menjual yang ada sekarang saja," kata Ridjal saat dihubungi KOMPAS.com, Kamis (22/3/2018) sore.

Baca juga: Kia Siapkan Picanto Terbaru di Indonesia

Meski begitu, permintaan pasar terhadap model lain masih ada, tetapi tidak bisa memenuhi semua pemesanan konsumen secara retail.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Generasi ketiga Kia Grand Sedona resmi diperkenalkan di GIIAS 2016.Setyo Adi/KompasOtomotif Generasi ketiga Kia Grand Sedona resmi diperkenalkan di GIIAS 2016.

"Belum tahu sampai kapan, jadi kami harus menunggu suplai normal dulu dari Korea Selatan," ujar Ridjal.

Berbeda dengan tahun lalu, wholesales Kia sepanjang 2017 tembus 837 unit. Hasil tersebut disumbang dari Grand Sedona, Sorento, Sportage, Rio, Picanto dan K2700 (Travello).

"Model lain di diler mungkin ada, tetapi buat konsumen yang mau membeli masih bisa di diler, hanya harus menunggu untuk model 2018," ucap Ridjal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X