Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Jual 3 Model, Ada Apa dengan Kia di Awal 2018?

Kompas.com - 23/03/2018, 08:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales Kia pada dua bulan pertama 2018, hanya menjual tiga model, yaitu Grand Sedona, Rio, dan K2700 (Travello). Total penjualan Januari dan Februari tahun ini hanya 106 unit.

Padahal model yang dijual Kia di Indonesia, cukup banyak seperti Sportage, Picanto, dan Sorento. Lantas, ada apa dengan Kia di awal tahun ini?

General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Ridjal Mulyadi menjelaskan bahwa suplai dari Korea Selatan sedang ada masalah, sehingga tidak bisa mengirim unit cukup banyak ke semua diler yang ada.

"Pasokannya di awal 2018 ini memang seperti itu, jadi kami hanya bisa menjual yang ada sekarang saja," kata Ridjal saat dihubungi KOMPAS.com, Kamis (22/3/2018) sore.

Baca juga: Kia Siapkan Picanto Terbaru di Indonesia

Meski begitu, permintaan pasar terhadap model lain masih ada, tetapi tidak bisa memenuhi semua pemesanan konsumen secara retail.

Generasi ketiga Kia Grand Sedona resmi diperkenalkan di GIIAS 2016.Setyo Adi/KompasOtomotif Generasi ketiga Kia Grand Sedona resmi diperkenalkan di GIIAS 2016.

"Belum tahu sampai kapan, jadi kami harus menunggu suplai normal dulu dari Korea Selatan," ujar Ridjal.

Berbeda dengan tahun lalu, wholesales Kia sepanjang 2017 tembus 837 unit. Hasil tersebut disumbang dari Grand Sedona, Sorento, Sportage, Rio, Picanto dan K2700 (Travello).

"Model lain di diler mungkin ada, tetapi buat konsumen yang mau membeli masih bisa di diler, hanya harus menunggu untuk model 2018," ucap Ridjal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com