Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Indonesia Luncurkan Mesin Canggih Berbaling-baling Ganda

Kompas.com - 22/03/2018, 16:22 WIB
Aris F Harvenda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 
Bali, Kompas.com - Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan mesin OutBoard Motor (OBM) di Bali, Kamis (22/3/2018). OBM atau dikenal mesin tempel untuk perahu cepat ini tergolong canggih karena memiliki baling-baling ganda (dual propeller).
 
Teknologi pada mesin bertipe DF325A tersebut diklaim menghasilkan tenaga gerak yang efisien di dalam air. Keuntungan lain adalah stabilitas yang baik, karena setiap propeller berputar ke arah yang berbeda. 
 
Selain itu pula terdapat Dual Air Intake yang menguntungkan mesin untuk mendapatkan udara yang lebih halus dan dingin. Udara yang lebih halus dan dingin tersebut membantu mesin untuk memperoleh output yang lebih besar dan sempurna.
 
Pada kesempatan ini kami melakukan peluncuran mesin OBM terbaru yaitu DF325A bersamaan dengan sea trial mesin. Kami menghadirkan teknologi satu-satunya di dunia mesin kapal dengan dual propeller yang sangat cocok dengan kebutuhan para pemilik kapal serta pengusaha. Terutama dalam keperluan bisnis transportasi dan pariwisata. Melalui teknologi terkini dan konsumsi bahan bakar yang efisen secara bisnis, tentu hal ini akan sangat menguntungkan, kata Leo Wijaya selaku Assistant  Department Head OBM PT. SIS, saat memberikan sambutan di acara peluncuran.
 
Mesin Suzuki OBM Aris Harvenda/KOMPAS.com Mesin Suzuki OBM
 
Di dalam DF325A juga terdapat Dual Louver System, Dual Injector, Dual Water Inlet, dan kompresi berasio tinggi dengan komposisi 10,5 : 1. Semua teknologi tersebut memungkinkan mesin menenggak bahan bakar minimum RON 91.

Efisiensi juga diperhatikan dengan menyertakan teknologi Lean Burn System yang merupakan sistem pintar untuk membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Sedangkan untuk performa DF325A dilengkapi dengan Timing Chaindengan Self Adjusting Technology, 2-stage Gear Reduction serta Offset Driveshaft yang diklaim mampu memberikan tambahan tenaga, dan bisa mengurangi getaran.

Selain itu, terdapat pula New Multi-Function Gauge yang berisi informasi mengenai tachometer, kecepatan dan bahan bakar, sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan pada saat beroperasi. 

DF325A dijual dengan harga Rp 398 juta (Long Shaft) dan Rp 393 juta (Short Shaft). Harga sudah termasuk Instalation Fee dan Bushing Propeller yang akan diberikan secara gratis setiap pembelian unit dalam periode 22 Maret 2018 hingga 30 April 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com