Kenali Ciri-ciri Aki Soak

Kompas.com - 09/03/2018, 17:30 WIB
Beberapa jenis aki mobil. Kompas.com/Alsadad RudiBeberapa jenis aki mobil.
Penulis Alsadad Rudi
|

Depok, KOMPAS.com — Aki berfungsi menyuplai listrik ke berbagai komponen kendaraan agar mobil atau sepeda motor bisa berjalan dengan normal. Seperti komponen lainnya, aki juga memiliki masa pakai.

Jika sudah habis masa pakai, aki tidak bisa lagi berfungsi dengan baik. Istilah yang biasa dipakai adalah soak.

Kepala Mekanik Shop And Drive Jalan Margonda Dede Darusman mengatakan, ada beberapa ciri-ciri pada kendaraan yang bisa mengindikasikan bahwa akinya sudah soak. Ciri yang paling mudah diketahui adalah kendaraan susah dihidupkan.

Baca juga: "Delivery" Aki Tidak Layani Mobil Mogok di Tol

Selain mobil susah dihidupkan, ciri-ciri aki soak adalah suara klakson dan pencahayaan lampu yang tidak maksimal.

Deretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018).

"Ketika aki sudah soal, kinerjanya tidak maksimal sehingga semua yang menyuplai kelistrikan tidak bekerja dengan baik," kata Dede saat ditemui Kompas.com, Jumat (9/3/2018).

Untuk kondisi secara kasatmata, Dede mengungkapkan, aki yang soak biasanya sudah menggelembung. Bila semua ciri-ciri tersebut sudah terjadi, Dede menyarankan pemilik kendaraan untuk mengganti akinya dengan yang baru. Sebab, memaksakan aki soak untuk terus bekerja bisa menyebabkan kerusakan komponen lain, misalnya dinamo starter.

Baca juga : Selain Aki, Ini Penyebab Lain Jika Mobil Susah Distarter

"Kalau aki soak terus dipakai untuk menghidupkan mobil, lama-lama dinamo starternya bisa rusak," ujar Dede.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X