Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Delivery" Aki Tidak Layani Mobil Mogok di Tol

Kompas.com - 09/03/2018, 16:22 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Depok, KOMPAS.com — Jaringan bengkel Shop And Drive diketahui memiliki layanan Battery Home Delivery. Melalui layanan ini, pengendara yang mobilnya mogok di jalan karena masalah aki dapat memesan jasa pengantaran aki langsung ke lokasi, kapan pun dan di mana pun, tetapi pengecualian untuk di jalan tol.

Salah seorang mekanik di Shop And Drive Jalan Margonda Depok, Eka Purwanto, bercerita, pernah ada konsumen yang memesan pengantaran aki. Namun, saat itu mobil dari konsumen tersebut sedang dalam posisi mogok di jalan tol sehingga bengkel tidak bisa melayani.

"Kalau di tol kami tidak terima karena tidak masuk area kami. Di jalan umum baru bisa," kata Eka saat ditemui Kompas.com, Jumat (9/3/2018).

Baca juga: Prosedur yang Benar bila Mobil Mogok di Jalan Tol

Saat dikonfirmasi, Head Retail Marketing and Business Development Astra Otoparts Lie Se Chiang mengatakan, tidak adanya jasa pengantaran aki ke jalan tol disebabkan kendaraan operasional petugas menggunakan sepeda motor. Untuk kondisi tertentu, Lie menyebut pernah ada mekanik yang mengantarkan aki dengan menggunakan taksi.

"Tapi, sudah koordinasi dengan konsumen untuk biaya taksinya," ujar Lie.

Sepeda motor yang akan digunakan mekanik untuk layanan Oil Homa Delivery dari Shop and Drive, Astra Otoparts.Kompas.com/Alsadad Rudi Sepeda motor yang akan digunakan mekanik untuk layanan Oil Homa Delivery dari Shop and Drive, Astra Otoparts.

Bagi pengguna mobil yang diproduksi dan didistribusikan oleh Astra International, Lie menyarankan mereka untuk menggunakan layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) dari Astra World. Layanan ini berlaku untuk semua kondisi mobil yang sedang bermasalah di perjalanan, termasuk aki habis.

"Jadi untuk yang mogok di tol, kalau mobilnya dari Astra, sebaiknya menggunaan layanan ERA," kata Lie.

Mengutip laman resmi Astra World, ERA adalah layanan yang disediakan untuk membantu mobil-mobil merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW ataupun Peugeot yang mengalami kendala atau situasi darurat di jalan, seperti mogok, terkunci, ban kempis, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com