Selain Aki, Ini Penyebab Lain Jika Mobil Susah Distarter - Kompas.com

Selain Aki, Ini Penyebab Lain Jika Mobil Susah Distarter

Kompas.com - 09/03/2018, 13:42 WIB
Susah menyalakan mobil, analisa dulu penyebabnya.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Susah menyalakan mobil, analisa dulu penyebabnya.

Depok, KOMPAS.com - Aki merupakan salah satu instrumen penting pada mobil. Karena keberadaannya lah yang membuat mobil bisa dihidupkan.

Namun saat mobil tidak bisa dihidupkan, bukan berarti aki menjadi satu-satunya penyebab. Sebab ada dua instrumen lain yang juga memungkinkan menjadi penyebab mobil susah dihidupkan. Masalah ini kerap ditemukan bengkel Shop And Drive Jalan Margonda Depok pada mobil konsumen yang memesan jasa pengantaran aki "Battery Home Delivery".

1. Altenator

Salah seorang mekanik, Eka Purwanto bercerita pernah ada konsumen yang memesan jasa pengantaran aki saat mobilnya mogok. Pada mulanya, konsumen tersebut mengira akinya yang bermasalah. Namun saat Eka mengecek kondisi mobil, ternyata penyebab tidak bisa dihidupkannya mobil karena rusaknya altenator. Altenator adalah salah satu komponen vital pada mobil karena berfungsi sebagai penyuplai listrik ke aki.

Menurut Eka, jika altenator rusak, maka mobil tetap tidak bisa dihidupkan walaupun aki sudah diganti. Jika menemukan situasi tersebut, maka mekanik Shop And Drive akan mencarikan bengkel terdekat yang mau memperbaiki altenator mobil konsumen tersebut.

"Karena kita tidak melayani perbaikan altenator," kata Eka saat ditemui Kompas.com, Jumat (9/3/2018).

2. Dinamo Starter

Selain altenator, Eka menyebut masalah lain yang pernah ditemuinya adalah rusaknya dinamo starter. Untuk kondisi seperti ini, Eka menyebut pihaknya masih bisa melayani perbaikan. Sepanjang gir dinamo tidak mengalami kerusakan.

"Kalau dinamo starter masih bisa diakali. Sepanjang gir dinamonya tidak selip. Kalau cuma sekedar macet masih bisa diakali," ujar Eka.

Alternator rusakAris Harvenda Alternator rusak

Kepala Mekanik bengkel Shop And Drive Jalan Margonda, Dede Darusman mengatakan altenator maupun dinamo adalah dua komponen yang sebenarnya jarang rusak. Untuk altenator sendiri, Dede menyebut kerusakan biasanya terjadi seiring usia pemakaian mobil.

Kerusakan pada altenator biasanya ditemui pada mobil yang sudah dipakai 8-10 tahun. Walapun tidak menutup kemungkinan ada yang sudah rusak sebelum lima tahun.

Baca juga : Jangan Melulu Salahkan Aki Soak!

Sedangkan untuk dinamo starter, Dede menyebut kerusakan biasanya disebabkan pengendara yang sering memaksakan mobilnya dihidupkan saat kondisi aki soak.

Untuk mencegah bermasalahnya altenator dan dinamo starter secara tiba-tiba, Dede menyarankan pengguna mobil untuk rutin mengecek kondisi mobil dengan cara servis berkala ke bengkel. Khusus aki, ia menyarankan agar pemilik menggantinya jika usia pakainya sudah melewati seperti yang disarankan.

"Altenator sama dinamo starter harusnya awet dan tidak bermasalah kalau mobil dirawat," kata Dede.


Close Ads X