Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Mitos Ganti Oli di Pagi Hari ?

Kompas.com - 26/02/2018, 10:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Pergantian oli pada mesin mobil wajib dilakukan secara berkala. Tujuannya menjaga agar mobil bisa terus menghasilkan performa terbaik.

Berbicara mengenai ganti oli, mungkin pernah ada yang mendengar oli akan lebih bagus jika diganti pada pagi hari. Head of Retail Division Astra Autoparts Indra Nugraha mengatakan adanya mitos tersebut berawal dari adanya anggapan oli akan turun saat mesin tidak dihidupkan.

Baca juga : Saran Ganti Oli untuk Mobil yang Sering Kena Macet

Pada umumnya, mobil tidak dinyalakan dalam jangka waktu relatif lama saat malam hari. Sehingga pagi harinya dianggap paling pas untuk menguras semua oli lama.

Pelumas kendaraanwww.netwaste.org.au Pelumas kendaraan

"Karena mesin tidak berputar, jadi ketika diturunkan oli lamanya akan lebih banyak terkuras. Karena sedang tidak ada oli di mesin, pagi hari dianggap paling pas untuk ganti oli. Ada yang berpikir seperti itu," kata Indra di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Menurut Indra, mitos ganti oli sebaiknya di pagi hari tidak tepat. Karena sudah dihidupkan atau tidaknya mesin tidak berpengaruh ke kondisi oli lama di ruang mesin. Jadi Indra menganggap tidak ada saran khusus terkait pemilihan waktu terbaik untuk pergantian oli.

Baca juga : Mitos Larangan Ganti-ganti Merek Oli

"Saya juga sudah berbincang dengan vendor-vendor oli, tidak ada yang menyarankan seperti itu (ganti oli di pagi hari). Kalau seperti itu nanti orang-orang bisa memilih mendorong mobilnya ke bengkel ketika ingin ganti oli," ucap Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com