Boleh Atau Tidak Mencuci Ruang Mesin Mobil?

Kompas.com - 02/02/2018, 11:04 WIB
Ilustrasi mesin mobil. KompasOtomotif-Donny AprilianandaIlustrasi mesin mobil.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KOMPAS.com - Mungkin masih banyak yang belum tahu, sebenarnya boleh atau tidak mencuci ruang mesin mobil. Sebab, jika salah langkah akibatnya fatal, karena dapat menyebabkan korslet hingga rusak.

Apalagi sekarang ini banyak tempat cuci mobil yang menawarkan jasa mencuci sekaligus membersihkan ruang mesin pada kendaraan. Lantas, sebenarnya boleh atau dilarang?

Area 2 Manager (Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah) Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman menjelaskan, tidak masalah asalkan cara yang digunakan tepat.

"Disarankan hanya dilap saja, jangan disemprot menggunakan air," ucap Iwan kepada KompasOtomotif melalui pesan singkat belum lama ini.

Baca juga: Musim Hujan, Orang Malah Malas Cuci Mobil

Apabila air langsung disemprot ke daerah mesin, lanjut Iwan khawatir ada air yang masuk ke soket-soket kelistrikan. Jika sudah seperti itu, sangat berbahaya buat mobilnya itu sendiri atau pemiliknya.

"Air di soket tersebut lama kelamaan bisa menjadi jamur dan membuat koneksi listrik menjadi terhambat," ujar Iwan.

Terjadinya korslet, lantas menimbulkan percikan bunga api pun mungkin terjadi apabila cara mencucinya langsung disiram air.

"Jadi sebaiknya dilap saja, dan pastikan semuanya dalam kondisi normal tidak ada bagian yang basah," ucap Iwan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X