Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boleh Atau Tidak Mencuci Ruang Mesin Mobil?

Kompas.com - 02/02/2018, 11:04 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com - Mungkin masih banyak yang belum tahu, sebenarnya boleh atau tidak mencuci ruang mesin mobil. Sebab, jika salah langkah akibatnya fatal, karena dapat menyebabkan korslet hingga rusak.

Apalagi sekarang ini banyak tempat cuci mobil yang menawarkan jasa mencuci sekaligus membersihkan ruang mesin pada kendaraan. Lantas, sebenarnya boleh atau dilarang?

Area 2 Manager (Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah) Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman menjelaskan, tidak masalah asalkan cara yang digunakan tepat.

"Disarankan hanya dilap saja, jangan disemprot menggunakan air," ucap Iwan kepada KompasOtomotif melalui pesan singkat belum lama ini.

Baca juga: Musim Hujan, Orang Malah Malas Cuci Mobil

Apabila air langsung disemprot ke daerah mesin, lanjut Iwan khawatir ada air yang masuk ke soket-soket kelistrikan. Jika sudah seperti itu, sangat berbahaya buat mobilnya itu sendiri atau pemiliknya.

"Air di soket tersebut lama kelamaan bisa menjadi jamur dan membuat koneksi listrik menjadi terhambat," ujar Iwan.

Terjadinya korslet, lantas menimbulkan percikan bunga api pun mungkin terjadi apabila cara mencucinya langsung disiram air.

"Jadi sebaiknya dilap saja, dan pastikan semuanya dalam kondisi normal tidak ada bagian yang basah," ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com