KALEIDOSKOP Otomotif

Mobil-mobil Baru yang Fenomenal pada 2017

Kompas.com - 26/12/2017, 08:02 WIB
Sales promotion girl berpose di samping Suzuki Ignis saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Tidak hanya cantik, SPG juga dibekali dengan pengetahuan dasar terkait kendaraan yang dipromosikan, sehingga bisa memberikan jawaban yang tepat ketika ada calon pembeli yang bertanya.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Sales promotion girl berpose di samping Suzuki Ignis saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Tidak hanya cantik, SPG juga dibekali dengan pengetahuan dasar terkait kendaraan yang dipromosikan, sehingga bisa memberikan jawaban yang tepat ketika ada calon pembeli yang bertanya.

Jakarta, KompasOtomotif - Meski catatan soal jualan masih “anyep”, tapi di sisi lain, industri otomotif masih punya cerita menarik terkait model baru yang datang dan cukup fenomenal, untuk mengisi arena pertempuran di pasar dalam negeri 2017 ini.

Tak hanya sekedar euforia peluncuran semata, beberapa model juga turut membantu merangsang pejualan kendaraan bermotor roda empat dalam negeri. Walaupun sepanjang sebelas bulan di 2017 ini, wholesales mobil masih terbilang flat dibanding dengan periode yang sama tahun ini.

Redaksi KompasOtomotif coba merangkum tga model baru yang lahir dan booming di 2017 ini mulai dari awal tahun.

Suzuki Ignis

Ramai jadi bahan perbincangan sejak 2015 lalu ketika sosoknya tampil perdana di Tokyo Motor Show (TMS), demam Ignis kemudian merambat ke dalam negeri di tahun ini. Meluncur pada April 2017, produk Suzuki dengan nuansa urban sport utility vehicle (SUV) ini beri warna baru di segmen mobil kota Indonesia.

Baca juga : Cek Promo Servis Empat Merek Mobil Ini di Akhir Tahun

Penantang Honda Brio, Nissan March, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Toyota Etios, Hyundai i10,  Kia Picanto dan Suzuki Spash ini, hanya butuh waktu tiga bulan untuk duduk di takhta tertinggi dan melampaui model-model yang sudah lama eksis hingga saat ini.

Periode April-November 2017 wholesales-nya 11.885 unit dengan rata-rata per bulannya 1.321 unit. Suzuki menjual Ignis dengan harga Rp 151,5 juta sampai Rp 151,5 juta.

Wuling Confero S adakan test drive.Istimewa Wuling Confero S adakan test drive.

Wuling Confero

Walaupun masih ada beberapa yang belum percaya, tapi pemain baru asal negeri China ini tak tampak gentar bertempur di dalam negeri. Gelontoran investasi sebesar 700 juta dolar Amerika Serikat atau Rp 9,4 triliun, seolah menebus sedikit keraguan pasar.

Diawali dengan meresmikan pabriknya, Wuling kemudian memerkenalkan MPV pertamanya Confero yang dicemplungkan ke segmen panas, bersaing dengan Avanza dkk. Confero sendiri sejauh ini wholesales-nya mencapai ribuan unit, atau sebesar 3.918 unit Juli-November 2017. Angka tersebut menempel ketat Daihatsu Luxio dan Suzuki APV.

Tak dibayangkan, dengan segudang fitur canggih dan kualitas produk yang tak kalah dari merek Jepang, Confero punya harga sangat murah dan jauh dari kompetitornya, mulai dari Rp 128,8 juta sampai Rp 165,9 juta.

Mitsubishi Xpander

Setelah lama meninggalkan segmen MPV setelah Mitsubishi Kuda, kali ini merek berlambang tiga berlian gebrak pasar dengan Xpander. Gaung kemunculannya sudah menggema sejak model prototipenya lahir pada Tokyo Motor Show 2015 dengan nama eX Concept.

Kemudian pada Agustus 2016-nya Mitsubishi tampilkan konsep Xpander-nya di GIIAS, dan  resmi mengaspal di Indonesia pada satu tahun kemudian di 2017. Mengejutkan, sejak mulai dijual pada Agustus lalu, Xpander sampai saat ini pemesanannya sudah tembus lebih dari 40.000 unit, dengan antrean hingga tahun depan untuk varian tertentu.

Padahal sebelumnya model ini sempat diremehkan oleh Toyota yang Avanza-nya menjadi pemimpin pasar tertinggi LMPV sejak 2004. Namun kenyataannya pada November 2017,  Xpander pangsa pasarnya sudah 18,25 persen menempel Avanza.

Tes Mitsubishi Xpander di Sumatera Barat Azwar Ferdian/KompasOtomotif Tes Mitsubishi Xpander di Sumatera Barat



EditorAgung Kurniawan

Terkini Lainnya


Close Ads X