Kompas.com - 14/11/2017, 11:42 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Salah satu alasan pengendara sepeda motor enggan membersihkan helm di gerai cuci helm adalah terkait faktor tarif sekali mencuci.

Anes, Penggawa gerai Clean Helm di Atrium Senen, Jakarta Pusat, mengatakan bahwa tarif rata-rata untuk satu kali cuci helm di gerai cuci helm itu bekisar Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Angka tersebut hampir serupa dengan harga untuk satu kali membersihkan motor.
 
"Ada pelanggan yang membandingkan harga cuci motor dengan cuci helm. Sudah tanya harga, saat tahu tarifnya Rp 26.000, enggak jadi nyuci" kata Anes saat ditemui KompasOtomotif di Atrium Senen, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).
 
Gerai cuci helm di Atrium Senen, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).Fachri Fachrudin Gerai cuci helm di Atrium Senen, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).
 
Anes mengatakan, di beberapa tempat di Jakarta, biaya untuk satu kali pencucian motor lebih murah daripada mencuci helm. Akan tetapi, menjadi tidak tepat membandingkan harga dengan cara seperti itu. Sebab, mencuci helm lebih sulit jika dibandingkan dengan cuci motor.
 
Pencucian helm tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika asal, maka helmnya akan rusak. Misalnya untuk membersihkan busa bagian dalam helm, maka tidak bisa dilakukan sembarangan dengan menggunakan sabun yang kandungan detergennya terlampau banyak. Sebab, dalam jangka waktu yang panjang akan merusak busa.
  
Model pengait helm quick release yang berbunyi klik.whitedogbikes.com Model pengait helm quick release yang berbunyi klik.
 
Selain itu, proses pengeringannya harus dilakukan secara hati-hati. Suhu dan waktu untuk proses pengeringan harus tepat. Jika tidak, busa pada bagian dalam helm akan rusak.
 
"Belum lama ini teman saya ganti helm merek Nolan punya pelanggan, karena overhead, putus sekering mesin pengeringnya, busa helmnya hangus," kata dia.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.