Anggapan Salah, "Pakai Helm Agar Tidak Kecelakaan"

Kompas.com - 24/10/2017, 13:22 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Pemahaman yang salah yaitu bila biker berpikir menggunakan helm sudah cukup untuk selamat saat berkendara di jalan. Masih banyak faktor lain penunjang keselamatan berkendara yang harus dibiasakan sampai menjadi gaya hidup.

Menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), bahkan saat biker sudah menggunakan helm, risiko kematian saat kecelakaan fatal hanya tereduksi sebesar 40 persen. Itu berarti ketika terjadi kecelakaan fatal, kemungkinan biker berhelm meninggal dunia sebesar 60 persen.

Menggunakan helm saja belum tentu selamat, apalagi tidak. Kecelakaan bisa terjadi di mana saja, bahkan saat berkendara pelan ataupun hanya keliling di jalan-jalan perumahan.

Baca: Masih Relevan Kampanye Pakai Helm Sampai Bunyi Klik?

Berkendara motor adalah aktivitas penuh risiko karena tubuh biker bersentuhan langsung dengan kondisi sekitar. Kendati ada "faktor X", penentu terbesar keselamatan berkendara berasal dari diri sendiri.

"Yang paling keliru justru ‘pakailah helm agar tidak kecelakaan’, karena pakai helm atau tidak tetap saja bisa kecelakaan. Yang bikin kecelakaan bukan helm, tapi perilaku,” ucap Edo, di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.