Kompas.com - 01/11/2017, 07:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Kendati sudah semakin besar dan banyak digelar, belum banyak masyarakat yang mau datang ke pelelangan. Salah satu alasannya, mobil-mobil di pelelangan tidak bisa dibeli secara cicilan alias kredit.

Hal itu diakui Balai Lelang Ibid sebagai hambatan. Masalahnya, pembelian kredit merupakan salah satu daya tarik agar lebih banyak konsumen ritel yang datang ke pelelangan. Seperti diketahui saat ini kondisinya lebih banyak pedagang yang datang ke pelelangan

“Nah, ini belum cukup menarik orang. Kalau konsumen individu pasti pertanyaannya ‘ini bisa kredit enggak?’,” kata Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Balai Lelang Ibid, di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Daddy mengatakan, sedang berusaha mengatasi dengan menjajaki solusi bersama perusahaan pembiayaan Astra Credit Companies (ACC) yang berasal dari satu induk Astra International. Meski begitu masih ada kendalanya.

Baca: Ini Kekurangan Beli Mobil di Pelelangan

Sesuai aturannya, pemenang lelang wajib menebus harga mobil yang dibeli maksimal tiga hari setelah pelelangan. Sementara ACC membutuhkan waktu sepekan untuk survei sebelum mengeluarkan pembiayaan.

“Kami lagi menjajaki, bagaimana kalau sistem kredit itu surveinya di depan. Jadi begitu konsumen clear (lolos survei), dia bisa masuk pelelangan dengan bujet sekian. Nah, konsumen berburu dengan bujet yang ditentukan. Kami sudah ada niat memberikan fasilitas itu,” kata Daddy. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.