Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Lelang Dibeli Tanpa Kredit

Kompas.com - 01/11/2017, 07:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kendati sudah semakin besar dan banyak digelar, belum banyak masyarakat yang mau datang ke pelelangan. Salah satu alasannya, mobil-mobil di pelelangan tidak bisa dibeli secara cicilan alias kredit.

Hal itu diakui Balai Lelang Ibid sebagai hambatan. Masalahnya, pembelian kredit merupakan salah satu daya tarik agar lebih banyak konsumen ritel yang datang ke pelelangan. Seperti diketahui saat ini kondisinya lebih banyak pedagang yang datang ke pelelangan

“Nah, ini belum cukup menarik orang. Kalau konsumen individu pasti pertanyaannya ‘ini bisa kredit enggak?’,” kata Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Balai Lelang Ibid, di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Daddy mengatakan, sedang berusaha mengatasi dengan menjajaki solusi bersama perusahaan pembiayaan Astra Credit Companies (ACC) yang berasal dari satu induk Astra International. Meski begitu masih ada kendalanya.

Baca: Ini Kekurangan Beli Mobil di Pelelangan

Sesuai aturannya, pemenang lelang wajib menebus harga mobil yang dibeli maksimal tiga hari setelah pelelangan. Sementara ACC membutuhkan waktu sepekan untuk survei sebelum mengeluarkan pembiayaan.

“Kami lagi menjajaki, bagaimana kalau sistem kredit itu surveinya di depan. Jadi begitu konsumen clear (lolos survei), dia bisa masuk pelelangan dengan bujet sekian. Nah, konsumen berburu dengan bujet yang ditentukan. Kami sudah ada niat memberikan fasilitas itu,” kata Daddy. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com