Kompas.com - 25/10/2017, 19:03 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Buat pembeli ritel alias konsumen yang mau langsung pakai, membeli mobil di pelelangan punya satu kekurangan yaitu tanpa test drive.  Sama seperti membeli mobil baru, test drive juga penting sebelum membeli mobkas untuk mengetahui kondisi sebenarnya saat dikendarai.

Biasanya pihak Balai Lelang memberikan waktu sebelum pelelangan dimulai buat masyarakat melihat langsung kondisi mobil yang diincar. Misalnya di Balai Lelang mobil terbesar di Indonesia, Ibid, menggelar open house selama tiga hari sebelum pelelangan.

Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Ibid mengatakan waktu open house harus benar-benar dimanfaatkan mengecek kondisi mobil yang diincar. Menurut Daddy, test drive tidak diberikan karena keterbatasan ruang dan waktu.

Contoh rapor mobil lelang di Balai Lelang Ibid.Febri Ardani/KompasOtomotif Contoh rapor mobil lelang di Balai Lelang Ibid.

“Karena kalau kami buka itu (test drive), kami meladeni berapa ratus orang? Kami punya sekian ratus mobil. Sepertinya (jika ada test drive) satu pekan juga enggak akan cukup. Di sistem kami memang tidak memberikan test drive,” kata Daddy, di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Baca: Lelang Mobil Koruptor Ludes dalam 90 Menit

Buat mengatasi hal itu, Daddy menjelaskan tim penaksir harga (appraisal) dari Ibid sudah melakukan pengecekan menyeluruh menggunakan sistem digital pada tiap mobil yang masuk ke balai lelang. Rapor kondisi mobil ditempel di kaca depan agar bisa dilihat semua orang.

Meski tanpa test drive, masyarakat yang datang saat open house, kata Daddy, diizinkan membuka kap mesin, masuk ke kabin, dan menyalakan mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.