Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang

Sudah 110 Tahun, Ini Transformasi Wujud Daihatsu

Kompas.com - 29/10/2017, 11:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

 

Osaka, KompasOtomotif – Produsen mobil terbesar kedua di Indonesia setelah Toyota, Daihatsu, usianya saat ini menyentuh 110 tahun. Beberapa menyebut, kalau merek ini bahkan sebagai yang tertua di Jepang.

Berkesempatan mengunjungi langsung Daihatsu Humobility World Museum di Ikeda, Osaka, Jepang, merek yang lahir pada 1907 ternyata tak memulai bisnisnya dari industri otomotif, melainkan perusahaan yang fokus dibidang mesin.

Berbagai mesin dibuat Daihatsu hingga era Showa atau 80 tahun lalu, yang kemudian perlahan-lahan membuat mereka mulai merakit mesin sepeda motor roda tiga dan juga mobil.

Salah satu mesin Daihatsu yang pertama dibuat dan menjadi legendaris adalah diesel LH25. Mesin tersebut ternyata bukan untuk sepeda motor atau mobil, tapi diperuntukan sebagai mesin pompa untuk mengalirkan air ke sawah.

“Mesin ini (LH25) salah satu yang dibawa dari kota Taga, prefektur Shiga ke museum, yang dioperasikan hingga 1933 atau beropearasi lebih dari 20 tahun, atau lebih dari 1.000 jam selama satu tahun,” tutur Amin Hanafiah staff Daihatsu Motor Company (DMC), Jumat (27/10/2017).

Baca juga : Resep Daihatsu Racik Mobil Irit di Jepang

Daihats Fellow.Ghulam/KompasOtomotif Daihats Fellow.

Baca Juga: Ini Tanggal Peluncuran Rush-Terios

Mulai 1950-an

Setelah berkecimpung lama di permesinan, sekitar tahun 1950-an Daihatsu mulai melangkah ke sektor otomotif dengan produk perdananya Midget. Ini merupakan nenek moyang produk-produk otomotif Daihatsu yang eksis saat ini, model pertama tersebut juga dikenal dengan sebutan “bemo” di Indonesia.

Pada saat itu Midget baru dirancang untuk kendaraan komersial pengangkut barang, bukan orang. Kehadiran kendaraan bak terbuka tiga roda Daihatsu itu, juga kemudian mengubah pola kerja masyarakat Jepang, yang sebelumnya konvensional.

Meski era Midget berakhir dipenguhujung tahun 60-an, tapi eksistensi Daihatsu tak lantas berhenti sampai situ, mereka berinovasi menghadirkan mobil kecil pertamanya, yaitu Daihatsu Fellow. Dari bentuknya yang sedikit kotak, model ini sekilas mirip dengan mobil-mobil asal Inggris.

Daihatsu Charade.Ghulam/KompasOtomotif Daihatsu Charade.

“Daihatsu membuat Fellow untuk masyarakat berpenghasilan cukup di Jepang, yang bisa diisi oleh empat orang penghuni di dalam kabinnya. Ini jadi mobil kei yang paling awal dibuat Daihatsu, dengan kapasitas mesin 356 cc,” ujar Amin.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.