Pelanggar Strobo dan Sirine Terbanyak dari Jakarta Pusat

Kompas.com - 23/10/2017, 08:02 WIB
Razia Rotator Razia Rotator
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Razia lampu strobo atau rotator dan sirine yang dilakukan Kepolisian Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sukses menjaring ratusan pelanggar.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra mengatakan, ada ratusan kendaraan yang terdiri dari roda dua dan roda empat ditindak lantaran menggunakan rotator dan sirine tanpa hak.

“Dari 11 Oktober hingga 19 Oktober pelaksanaan operasi penggunaan lampu isyarat atau rotator dan sirine tanpa hak, ada 273 pengendara kendaraan bermotor ditilang,” ujar Halim yang dikutip dari situs remsi ntmcpolri, Minggu (22/10/2017).

Menurut Halim, para pelanggar bukan hanya datang dari pengguna mobil, namun juga sepeda motor. Dari pemetaan, pelanggaran terbanyak penggunaan rotator atau sirene tanpa hak ada di wilyah Jakarta Pusat, jumlahnya mencapai 51 pengendara. Semetara di Jakarta Timur 32 pengendara dan Jakarta Utara 22 pendendara yang terjaring.

Baca : Bukan Cuma Dicopot, Polisi Sita Lampu Strobo dan Sirine


"Polisi juga menyita barang bukti berupa 160 Surat Izin Mengemudi (SIM) dan 113 lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dari 273 pengendara kendaraan bermotor yang ditilang.

Para pelangggar akan dikenakan sanksi tilang yang diambil dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2209 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 59. Hukumanya berupa kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal sebesar Rp 250.000.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X