Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Non Tunai Tol Sudah 75 Persen

Kompas.com - 10/10/2017, 07:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pemberlakuan transaksi non tunai pada semua pintu tol tinggal menghitung hari. Mulai 31 Oktober 2017, PT Jasa Marga Persero Tbk, tidak menerima pembayaran tunai.

Lantas sudah sejauh mana penerapannya hingga saat ini, mengingat beberapa ruas tol sudah lebih dulu mengubah sistem transaksi pembayaran hanya dengan uang elektronik.

Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) PT Jasa Marga (persero) Tbk, mengatakan perkembangan jelang penerapan 100 persen non tunai, hingga saat ini sudah cukup positif.

"Posisi per 8 Oktober itu sudah 75 persen. Itu semua, dari persiapan kami sampai dengan penetrasi peralihan masyarakat yang ke uang elektronik. Kalau dilihat sangat signifikan perkembangannya," kata Herry kepada KompasOtomotif, Senin (9/10/2017).

Baca : Kendala Transaksi Non-Tunai di Tol Bermunculan


Menurut Herry, peningkatan terbesar terjadi akhir September hingga awal Oktober. Kondisi tersebut seiring dengan mulai banyaknya penerapan elektronifikasi di sejumlah pintu tol yang memang dilakukan secara bertahap.

"Kita sosialisasi sekaligus melakukan secara bertahap, jadi cukup efektif. Ditambah lagi kemarin kita baru perluas jaringan penggunaan bagi kartu Flazz yang saat ini sudah bisa digunakan. Jadi ada sisa dua minggu ini mudah-mudahan bisa berjalan baik," ucap Herry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com