Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Uang Elektronik buat Tol Semakin Luas

Kompas.com - 05/10/2017, 09:01 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Jasa Marga Persero Tbk, terus memaksimalkan persiapan menuju transaksi 100 elektronik. Seperti diketahui, mulai 31 Oktober 2017 semua pintu tol tidak lagi menerima transaksi tunai.

Langkah terbaru, mulai 30 September 2017, kartu elektronik Flazz BCA sudah bisa diakses pada semua gerbang tol Jakarta-Cikampek. Sebelumnya Flazz BCA hanya dapat digunakan di ruas tertutup (Cikarang – Cikampek).

"Kini transaksi elektronik di seluruh ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bisa menggunakan uang elektronik E-Toll dan E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), TapCash (Bank BNI), Blink (Bank BTN), dan Flazz (Bank BCA), baik di Gardu Tol Otomatis (GTO) maupun Gardu Reguler," ucap AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan resmi, Senin (2/10/2017).

Sejak pertengahan September 2017, Jalan Tol Jakarta-Cikampek telah  pembayaran 100 persen non-tunai secara bertahap. Sampai 30 September 2017, Gerbang Tol yang sudah 100 persen hanya melayani pembayaran uang elektronik terdiri dari GT Pondok Gede Timur 2, GT Tambun (arah Jakarta), GT Bekasi Barat 2 dan 3, GT Pondok Gede Barat 2, dan GT Bekasi Timur 2.

Baca : Setelah Tol, Beli BBM Juga Wajib Pakai Uang Elektronik

Ilustrasi kartu elektronikStanly/KompasOtomotif Ilustrasi kartu elektronik

Selain Jakarta-Cikampek, tepat 1 Oktober kemarin, Flazz BCA juga sudah bisa digunakan untuk pembayaran tol di ruas Jakarta-Tangerang. Diharapkan dengan penambahan akses kartu bisa memberikan kemudahan dalam pelayanan.

Jasa Marga mengklaim penggunaan uang elektronik di gerbang tol akan mempersingkat waktu transaksi karena lebih mudah dan praktis. Jika dibandingkan dengan transaksi tunai, penggunaan uang eletronik memangkas waktu transaksi lebih cepat dari separuhnya.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com