Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hypercar Hybrid" McLaren, Siap Mengaspal

Kompas.com - 01/10/2017, 17:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

London, KompasOtomotif – Mengambil inspirasi dari model kendaraan Formula 1, McLaren sudah mulai mengerjakan model baru hypercar tiga kursi bermesin hybrid. Posisi pengemudi nantinya bukan lagi di sisi kiri atau kanan, tapi di tengah, dengan dua bangku penumpang di belakang.

Mengutip Autoexpress, Minggu (1/10/2017) produk dengan nama kode BP23 ini, kabarnya bakal dilempar ke pasar pada 2019 nanti, hanya kurang dari dua tahun dari sekarang.

Produk yang digadang-gadang bakal menjadi model McLaren tercepat yang pernah ada. Pengujian kali ini menggunakan basis 720S, untuk mengevaluasi ke-ergonomisan kabin yang mengadopsi konfigurasi tempat duduk yang unik yang hanya ada tiga.

Interior hypercar McLaren tiga pintu.Autoexpress Interior hypercar McLaren tiga pintu.

Teknologi baru yang disematkan pada BP23 adalah teknologi digital mirror, yang baru akan dipasang pada tampilan model final. McLaren juga memastikan 106 sample model telah terjual dan pengiriman pertama akan dilakukan pada 2019.

Baca juga : McLaren 720S Sudah Dipesan para Miliarder Indonesia

Bos McLaren Mike Flewitt menuturkan, kalau proyek “Hyper-GT” tiga kursi miliknya akan menjadi salah satu mobil tercepat dan terkuat yang pernah mereka miliki. Digambarkan sebagai "McLaren yang paling indah dan mewah, sampai sekarang",  BP23 diketahui memiliki powertrain hybrid yang kemungkinan akan terdiri dari motor listrik, dan V8 twin-turbo 4.0 liter yang juga ada di 720S baru.

Tata letak tiga kursi BP23 mengacu pada ikon F1, tapi Flewitt mengatakan, kalau tujuan dari pengembangan model baru ini, merupakan penghormatan untuk model mobil jalanan yang dimiliki McLaren pertama kalinya.

Sketsa eksterior hypercar McLaren tiga pintu.Autoexpress Sketsa eksterior hypercar McLaren tiga pintu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com