Honda Cerai dengan McLaren, Lalu Pinang Torro Rosso - Kompas.com

Honda Cerai dengan McLaren, Lalu Pinang Torro Rosso

Donny Apriliananda
Kompas.com - 16/09/2017, 07:42 WIB
Pebalap McLaren, Fernando Alonso, tergelincir ke luar trek saat menjalani sesi latiha kedua GP Austria di Red Bull Ring, Spielberg, Jumat (7/7/2017).AFP/ANDREJ ISAKOVIC Pebalap McLaren, Fernando Alonso, tergelincir ke luar trek saat menjalani sesi latiha kedua GP Austria di Red Bull Ring, Spielberg, Jumat (7/7/2017).

Tokyo, KompasOtomotif – Salah satu keputusan yang ”ditunggu” di balap F1 akhirnya datang juga. Honda resmi bercerai dengan McLaren hingga musim 2017 berakhir. Hubungan sejak 2015 itu akhirnya kandas, disinyalir karena Honda tak mampu memberikan performa terbaik.

Dalam siaran resmi, (15/9/2017), Takahiro Hachigo, President & Representative Director of Honda Motor Company Ltd tak bisa menyembunyikan kekecewaannya. Sebab, Honda belum sepenuhnya memenuhi ambisi untuk menjadi yang terbaik.

”Patut disayangkan kami akhirnya berpisah dengan McLaren. Tapi kami membuat keputusan ini, dan mempercayai sebagai langkah yang terbaik untuk masing-masing pihak,” ujar Hachigo.

Mewakili Honda, Hachigo juga menyampaikan terima kasih untuk fans yang mendukung tim dan pebalap selama ini, anggota tim, dan semua yang terlibat dalam senang dan kecewa sejak Honda memutuskan comeback pada 2015 lalu.

”Kami akan melanjutkan perjuangan bersama McLaren sampai musim 2017 berakhir, lalu kembali ke F1 pada 2018 dengan aktivitas lainnya,” ucap Hachigo.

Baca juga: McLaren Pertimbangkan Bikin Mesin F1 Sendiri

Zak Brown, Executive Director, McLaren Technology Group, sempat melontarkan kata pujian terhadap Honda atas komitmen dan energi untuk sukses di Formula 1.

”Mereka terbukti sebagai pemenang dan inovator. Banyak alasan hubungan kami tidak berkembang dan tidak seperti yang kami harapkan. Ini bukan karena keinginan dari Honda dan McLaren, tapi waktu menentukan bahwa kami berjalan dengan arah yang berkebalikan. Kami berharapmelihat nama Honda kembali ke atas,” ujar Zak.

Toro Rosso
Menariknya, pada waktu bersamaan, Honda pun mengumumkan sudah menjalin hubungan dan menemui kata sepakat untuk bergandengan dengan Toro Rosso. Honda akan menyuplai mesin tim asal Italia itu pada musim balap 2018.

”Toro Rosso adalah tim berpengalaman dengan energi muda. Semua di Honda menanti untuk bekerjasama, dan kami senang memulai chapter baru dalam perjalanan kami di Formula 1 bersama mereka,” ujar Hachigo, dalam siaran resmi satunya lagi.

Franz Tost, Team Principal of Scuderia Toro Rosso, juga menyatakan antusias atas kerjasama ini. ”Semua orang di tim ini sangat menanti bekerja dengan Honda. Sejak penemu Honda, Soichiro Honda masuk di balapan motor, ajang balap selalu menjadi bagian penting dari etos kerja perusahaan. Ini adalah tantangan yang sangat menarik, dan sata harap kedua pihak mampu meraih hasil bagus setelah bekerja bersama,” ujar Tost.

PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
SumberHonda
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM