Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Akhirnya Pakai "Fairing” Baru

Kompas.com - 05/08/2017, 12:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Brno, KompasOtomotif – Sempat diperkenalkan pada saat pengujian pra-musim maret lalu, Ducati akhirnya menggunakan “fairing” barunya berdesain revolusioner demi mengatasi aerodinamika. Ini juga merupakan pengganti winglet yang sudah dilarang untuk musim 2017.

Generasi terbaru fairing Ducati ini dipasangkan pada salah satu dari dua sepeda motor Jorge Lorenzo dengan bodywork baru. Tunggangan dengan tampang baru tersebut muncul di penutupan latihan bebas kedua (FP2), saat treknya benar-benar kering, mengutip Motorsport, Jumat (4/8/2017).

Lorenzo menyelesaikan beberapa putaran menggunakan model terbaru tersebut. Berbeda dengan Lorenzo, rekan satu timnya Andrea Dovizioso tidak mencoba desain baru.Dovizioso berhasil menjadi yang tercepat pada FP2, sementar Lorenzo berakhir di posisi 15.

Baca juga : Simak ”Winglet” Revolusioner Ducati MotoGP

“Fairing” Baru Honda

Selain Ducati, tim Honda juga membawa fairing baru ke Brno, yang disebut oleh pengamat MotoGP sebagai integerated winglet. Kedua pebalap Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa bersama-sama menjajal versi baru tersebut, tapi dengan versi yang sedikit berbeda, satu lebih besar dari yang lain.

Fairing yang digunakan Honda, punya konsep serupa dengan bentuk body yang diperkenalkan Yamaha dalam pengujian pra-musim, dan telah digunakan beberapa kali sejak saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com