Simak ”Winglet” Revolusioner Ducati MotoGP

Kompas.com - 13/03/2017, 13:02 WIB
Winglet Ducati yang tersemat di fairing atas Desmosedici GP17. crash.netWinglet Ducati yang tersemat di fairing atas Desmosedici GP17.
|
EditorAgung Kurniawan

Losail, KompasOtomotif – Kebutuhan winglet pada motor-motor yang berlaga pada MotoGP 2017 makin tampak. Setelah komisi MotoGP melarang winglet yang dianggap membahayakan pebalap lain, berbagai pabrikan mencari solusi dengan menciptakan desain lain peranti aerdinamika tersebut.

Setelah Yamaha, Suzuki, dan Aprilia, kini giliran Ducati yang terang-terangan menunjukkan desain baru pengganti winglet yang dilarang. Para pengamat MotoGP menyebut penggantinya itu sebagai integrated winglet yang terpasang pada fairing dan tidak menonjol.

Ducati mulai mencobanya untuk simulasi balapan dalam tes resmi jelang diselenggarakannya seri pertama musim MotoGP 2017, di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (11/3/2017). Andrea Dovizioso tampak menggunakannya selama tes, dan menyatakan happy terhadap performa motor barunya.

Desain
Menariknya, Ducati tak ikut-ikutan pakai integrated winglet yang dipasang pada bagian dalam fairing seperti tiga pabrikan lain yang sudah menggunakannya duluan. Tim asal Italia itu memodifikasi fairing atas, atau batok kepala sebagai peranti aerodinamika baru.

Alhasil, tampak kepala Ducati Desmosedici GP17 terbaru disebut seperti punya hidung mobil balap Formula1. Kreasi ini adalah hasil jerih payah Direktur Teknik Danny Aldridge. Motor pun tak mendapat penambahan lebar seperti yang lain.

Angin yang menabrak dari depan dialirkan melalui bagian hidung, diharapkan mengurangi efek wheelie (ban depan terangkat) ketika berakselerasi, khususnya saat keluar dari tikungan.

”Saya menyukai efek dari ’fairing’ baru, karena sangat susah mencari ganti untuk mendapatkan downforce seperti tahun lalu dengan aturan baru. Insinyur kami mengerjakan tugas dengan sangat baik,” kata Dovizioso, usai mencoba ”fairing” baru dalam tes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seberapa dekat efeknya dengan tahun lalu, Dovi dengan tegas menyatakan sangat dekat. Memang tidak sama persis, tapi sangat membantu.

Dari hasil tes terakhir, Minggu (12/3/2017), Dovizioso mampu mengamankan posisi kedua di bawah Vinales, dan hanya terpaut 0,071 detik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.