Toyota Buka Penyewaan Mobil Listrik di Thailand

Kompas.com - 04/08/2017, 14:33 WIB
Toyota studi mobil listrik di Thailand. NikkeiToyota studi mobil listrik di Thailand.
|
EditorAgung Kurniawan

Bangkok, KompasOtomotif – Selang dua hari sejak pengumuman investasi untuk memproduksi mobil listrik (electric vehicle/EV), Toyota bergerak cepat untuk melakukan studi lebih lanjut. Gelontoran investasinya di EV mencapai 19 miliar baht atau kisaran Rp 7 triliun di Thailand.

Raksasa otomotif Jepang tersebut bakal meluncurkan layanan berbagi kendaraan listrik di Thailand (peyewaan). Mereka bakal membangun proyek ini di Universitas Chulalongkorn, yang resmi menjadi mitra Toyota, Kamis (3/8/2017) kemarin.

Proyek layanan EV ini mulai diluncurkan pada Desember 2017, di mana ini merupakan kerjasama pertama Toyota terkait mobil listrik di negara berkembang, mengutip Nikkei, Jumat (4/8/2017).

Baca juga : Toyota Investasi Triliunan untuk Mobil Listrik di Thailand

Untuk tahap pertama, Toyota akan menyediakan 10 kendaraan ultracompact satu tempat duduk, yang bisa di-booking melalui ponsel pintar, di mana pada pertengahan 2018 armadanya akan diperbanyak sampai 30 unit. Penyewa akan dikenakan biaya 30 baht atau Rp 12.000-an untuk 20 menit pertama.

Melalui proyek tersebut, Toyota dan perguruan tinggi tersebut akan mempelajari dampaknya pada pengendalian kemacetan lalu lintas dan polusi udara, di mana keduanya merupakan masalah serius bagi negara-negara berkembang.

Uttama Savanayana, Menteri Perindustrian Thailand mengatakan, kalau ini juga menjadi komitmen pemerintah untuk mendukung produksi hibrida dan listrik lokal. Thailand telah menyambut baik bisnis kendaraan listrik dan mendorong pertumbuhan industri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.