Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Lagi Siapkan Penyegaran Avanza?

Kompas.com - 03/08/2017, 17:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Avanza masih menjadi mobil sejuta umat yang banyak diminati. Meski dari data penjualan wholesales pada bulan Juni turun hingga 45 persen dibandingkan periode yang sama pada 2016, tapi angkanya diklaim masih stabil di kisaran 9.000 sampai 10.000 unit per bulan.

Menaggapi kahadiran kompetitor baru, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, tidak terlalu memusingkan hal tersebut. Menurut Henry, Avanza tetap mampu bertahan menjadi pilihan bagi konsumen di Indonesia.

Baca : Intip Edisi Spesial dan Khusus Toyota, Bulan ini

"Toyota selalu melakukan riset dan memberikan total package sebagai sebuah kendaraan untuk masyarakat. Saya bersyukur masyarakat bisa melihat Avanaza sebagai total package guna memenuhi kebutuhan mereka," ucap Henry kepada media di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Menurut Henry, dengan produk yang benar-benar dibutuhkan konsumen, bisa dipastikan bahwa produk tersebut akan bertahan dalam kurung waktu yang panjang. Karena itu, semuanya balik lagi pada kebutuhan konsumen.

Meski demikian Henry tidak menampik bila segmen MPV sejuta umat merupakan market yang cukup besar dan kerap menjadi incaran. Hal ini lantaran karakter masyarakat Indonesia yang menyukai mobil yang bisa menampung banyak penumpang serta harga yang terjangkau.

Baca : "Wholesales" Avanza di Juni 2017

Lantas apa langkah Toyota dalam menghadapi para pendatang baru yang akan merebut manisnya "kue" di segmen MPV sejuta umat. Apakah nantinya akan ada penyegaran untuk Avanza?

-- -
Menjawab hal ini Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan bahwa tentunya Toyota akan melakukan pengembangan produk, hanya saja waktunya tidak bisa ditentukan.

Baca : Ini Penampakan Toyota C-HR untuk Indonesia

"Apakah Toyota tidak melakukan product development ? kita lakukan tapi ada yang sifatnya soft dan yang radikal. Apakah ada peremajaan, pasti ada, tapi tanggalnya tidak mungkin berberengan karena kita punya line-up sangat banyak. Jadi kalau untuk masalah disiapkan atau tidak (penyegaran) kita siapkan, tinggal masalah waktu peluncurannya saja kita pilih-pilih," ucap Soerjo.

Menurut Soerjo, kehadiran Toyota Avanza dan Sienta edisi terbatas dalam pameran di Tangerang pada 10-20 Agustus 2017 mendatang juga menjadi salah satu upaya menjaga pasar. Termasuk dengan peluncuran Toyota Voxy yang menjadi pengganti dari NAV1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com