Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Motor Listrik, Honda dan Yamaha "Bergandengan"

Kompas.com - 25/07/2017, 16:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Saitama, KompasOtomotif – Honda dan Yamaha mendeklarasikan kerjasama dalam proses membawa sepeda motor listrik (EV/Electric Vehicle) ke pasar. Ini jadi pemandangan langka, pasalnya mereka kerap tampak bersaing sengit di industri kendaraan roda dua.

Keduanya bersama-sama menggandeng Kota Saitama, untuk memulai program pengujian penyewaan motor listrik. Proyek ini bertujuan untuk menghadirkan 30 sepeda motor kecil di jalan raya, dengan stasiun pengisian dan swap baterai yang sudah tersedia.

Selain dianggap bisa membantu kota Saitama mencapai tujuannya, untuk menurunkan emisi karbon, ini juga sekaligus sebagai usaha Honda dan Yamaha mengasah program sepeda motor EV mereka.

Model yang digunakan adalah Yamaha E-Fino sebanyak 30 unit, yang progrmanya mulai dibuka pada 21 Juli, lalu evaluasinya di September 2017. Proyek ini merupakan inisiatif pertama, yang mengolaborasikan antara pemerintah daerah dan dua produsen sepeda motor.

Baca juga : Skuter Listrik Honda, Dikonfirmasi Meluncur 2018

Dalam siaran resmi kedua merek, Senin (24/7/2017) Honda dan Yamaha mengambil inisiatif agar masyarakat dapat menghasilkan gaya hidup yang lebih memuaskan, dengan merasakan kegembiraan dalam perjalanan dengan sepeda motor EV ramah lingkungan, serta membawa motors listrik lebih jauh ke pasar otomotif roda dua.

Bermitra dengan pemerintah daerah Saitama, membuat Honda dan Yamaha bisa mulai menguji dan membangun infrastruktur pendukung dan mneyelenggarakan riding program, yang akan menggerakkan proyek EV mereka.

Baik Honda maupun Yamaha, saat ini telah mengerjakan konsep motor listrik yang dikabarkan akan diproduksi massal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com