Kompas.com - 07/06/2017, 03:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Simpang-siur tentang kepastian penjualan Baleno Hatchback sedikit lebih terbuka sekarang. Aktivitas distribusi ternyata sudah dilakukan, diketahui dari terpergoknya mobil yang dibuat di India itu sedang ”digendong” di ruas tol Jakarta-Cikampek, Selasa (6/6/2017).

Sebelumnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah pernah memajang model ini di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu, berbarengan dengan S-Cross. Saat itu, SIS menyatakan masih melihat respons pasar, dan akhirnya memutuskan jual S-Cross lebih dulu.

Roderick Adrian Moses/Otomania Suzuki Baleno Hatchback tertangkap kamera sedang dikirim menuju gudang
Aktivitas distribusi menunjukkan SIS siap menjualnya dalam waktu dekat. Dikutip dari Otomania.com, berdasarkan informasi dari wiraniaga, mobil ini bahkan sudah bisa dipesan dengan uang tanda jadi Rp 5 juta, sama seperti besaran untuk meminang Jimny.

Kendati demikian, harga lengkap belum ada gambaran. Mobil yang diimpor utuh dari India itu kemungkinan besar bakal bersaing dengan mobil-mobil kelas hatchback lainnya macam Toyota Yaris atau Honda Jazz, meski Suzuki juga sudah punya Swift, dan pastinya bakal merilis versi terbaru.

Baleno yang sudah kondang dengan model sedan era 2000-an, kini memang tampil dengan model hatchback, yang akan menambah kekuatan SIS di segmen berbeda. Baleno secara dimensi akan menawarkan sesuatu yang lebih ketimbang hatchback lain, karena lebih lega.

Otomania/Setyo Adi Suzuki Baleno di Booth Suzuki di GIIAS 2016
Dimensinya terekam 3,995 m (panjang), 1,745 m (lebar), dan 1,5 m (tinggi). Bodinya dirancang di atas wheelbase 2,52 m. Ukuran itu lebih bongsor ketimbang Swift dengan panjang 3,85 m, lebar 1,695 m, dan tinggi 1,51 m. Wheelbase Swift juga cuma 2,43 m.

Soal mesin, belum ada bocoran. Bahkan SIS masih menutup rapat. Di India, model ini dibekali tiga pilihan jantung pacu, 1.000 cc Boosterjet 3-silinder turbo, 1.200 cc 4-silinder Dualjet SHVS (Smart Hybrid Vehicle Suzuki), atau 1.300 cc diesel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.