Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Baleno Cuma Peroleh Empat Bintang di Eropa

Kompas.com - 21/04/2016, 16:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Pada tes kecelakaan yang dilakukan Euro NCAP, Suzuki Baleno jadi mobil pertama yang mendapat dua rating penilaian. Euro NCAP memberikan rating 3 bintang untuk produk dengan versi standar, dan 4 bintang jika ditabah fitur keselamatan tambahan.

Seperti dilansir Carscoop.com, Kamis (21/4/2016) rating bintang 3 sebenarnya masih belum seberapa untuk saat ini. Namun ketika melakukan pengujian dengan fitur Autonomous Emergency Braking (AEB) ratingnya naik menjadi 4 bintang.

Ini adalah tahun pertama Euro NCAP, memberikan dua rating penilaian pada satu mobil yang sama. Pada dasarnya, penilaian ini dilakukan pada mobil yang dalam kondisi standar tanpa tambahan fitur keamanan, tapi ada juga produsen yang ingin pengujian kedua dilakukan dengan tambahan fitur keamanan.

Sebenarnya dengan cara ini, konsumen bisa cepat mengerti keuntungan jika menggunakan fitur keamanan yang ditawarkan pabrikan. Pihak Euro NCAP mengatakan, produk Suzuki Baleno punya performa baik saat melakukan tes AEB.

“Dengan performa AEB yang baik, menunjukkan kinerja sistem pengereman yang solid. Namun ada baiknya juga mengatakan kepada publik, kalau faktor keselamatan itu bukan hanya dari fitur, tapi juga dari kecepatan kendaraan,” ujar pihak Euro NCAP, Kamis (21/4/2016).

Pastinya, itur keselamatan yang paling penting dari sebuah kendaraan roda empat adalah sabuk pengaman. Ini yang pertama kali diuji sebelum melakukan tes komponen kendaraaan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com