Cari "Teman" Ideal untuk Perjalanan Jarak Jauh

Kompas.com - 08/05/2017, 17:20 WIB
Toyota Innova Q Kompas.com/Andreas Lukas AltobeliToyota Innova Q
|
EditorAzwar Ferdian

Bukittinggi, KompasOtomotif - Kendaraan ibaratnya seorang rekan yang menemani sebuah perjalanan. Kendaraan bisa jadi penentu apakah sebuah perjalanan akan menyenangkan atau malah menyusahkan.

Untuk itu, beberapa hal patut dipertimbangkan sebelum memilih rekan alias kendaraan untuk perjalanan jarak jauh. Sebab, apabila salah memilih kendaraan, bisa jadi menghambat perjalanan Anda.

Dirangkum lewat perjalanan Kompas.com menggali khazanah kuliner Minang di Sumatera Barat, berikut adalah hal yang patut dipertimbangkan sebelum memilih kendaraan untuk perjalanan jarak jauh:

1. Irit bahan bakar

Salah satu pertimbangan penting adalah budget bahan bakar. Alangkah baiknya jika kebutuhan bahan bakar dalam perjalanan jarak jauh dan memakan waktu relatif lama dapat ditekan, tetapi tanpa mengurangi faktor keamanan dan kenyamanan.

Kendaraan berbahan bakar solar dapat menjadi pertimbangan, karena selain irit tarikan mesin juga lebih kuat. Namun sebelum memilih kendaraan berbahan bakar solar, perhatikan lokasi perjalanan Anda. Ada beberapa daerah di Indonesia yang langka bahan bakar solar.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Konfigurasi pelipatan jok yang sangat fleksibel.

2. Bagasi luas

Perjalanan jarak jauh yang memakan waktu lama, membutuhkan bagasi yang cukup luas. Bagasi luas juga menentukan kenyamanan dalam bepergian, khususnya ke daerah wisata yang memungkinkan barang bawaan bertambah karena pembelian oleh-oleh.

3. Kursi nyaman dan aman

Selain faktor kenyamanan seperti busa kursi yang empuk, faktor kenyamanan yakni sabuk pengaman juga diperlukan. Pertimbangkan memilih kursi penumpang yang terpisah ketimbang yang digabung, atau disebut captain seat.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda All New Innova dengan bodi yang membengkak demi kenyamanan penumpang.

4. Sistem suspensi

Kenyamanan juga ditentukan oleh sistem suspensi kendaraan. Khusus perjalanan jarak jauh dengan kontur jalan tak rata, suspensi berpengaruh penting agar goncangan menjadi lebih diredam dan halus.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X