Agar Mudah Dilihat, Lampu Stop untuk Helm ”Biker”

Kompas.com - 04/04/2017, 14:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

California, KompasOtomotifLampu stop dengan posisi tinggi (high-level brake lights) kini jadi tren. Produsen mobil rata-rata menerapkannya dengan tujuan agar ketika mengerem, pengendara persis di belakang mudah melihatnya, atau bahkan tampak sampai pengendara di belakangnya lagi.

Sayang, belum terpikir menerapkan hal serupa pada sepeda motor. Kendaraan roda dua tetap bertahan dengan lampu stop yang diposisikan di bagian bawah, selevel bodi, karena memang tak ada tempat untuk meletakkannya lebih tinggi.

Tapi produsen aksesori motor dari Amerika Serikat menciptakan BrakeFree, lampu stop untuk biker yang bisa dipasang pada helm pengendara bagian belakang. Alhasil, lampu stop kini setinggi mata memandang (eye level).

Menariknya, peranti ini tak perlu menggunakan kabel, atau bahkan aplikasi apa pun untuk terkoneksi dengan motor dan ponsel pintar. Pengguna tinggal memasangnya pada helm dengan peranti magnetik.

Cara kerjanya, alat ini dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi kecepatan pengendara. Intinya, saat motor mulai pelan, lampu akan menyala. Apa pun kondisinya, termasuk teknik melakukan engine brake, atau saat Anda tidak menarik tuas atau menginjak pedal rem.

Perusahaan yang berbasis di California ini sedang mengumpulkan pemesanan, cukup dengan banderol 99 dollar AS, atau setara 1,3 jutaan. Berikut video promosinya:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber visordown


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.