Kwid Ternyata Bisa Lebih Menghargai Nyawa Penumpang

Kompas.com - 03/04/2017, 10:22 WIB
Renault Kwid yang dipasarkan di Brasil lebih aman. IndianautosblogRenault Kwid yang dipasarkan di Brasil lebih aman.
|
EditorAgung Kurniawan

Rio de Janeiro, KompasOtomotifRenault membuat mobil murah Kwid lebih aman dan menghargai nyawa penumpang. Strukturnya diubah, peranti keamanan pun ditambah. Tapi sayang, ini hanya bisa ditemui di Brasil.

Munculnya Kwid yang lebih aman itu tak lain demi memenuhi standar keamanan dan perlindungan terhadap kecelakaan yang cukup tinggi di Negeri Samba.

Menurut AutoBlog Argentina, Kwid yang akan dipasarkan di sana bobotnya lebih berat ketimbang Kwid bikininan India yang juga diekspor ke Indonesia.

Hal tersebut berkat upgrade struktur dengan menambahkan lebih banyak baja berkekuatan tinggi pada sasis. Bobot kosong menjadi 840 kg, atau naik 20 persen (140 kg) ketimbang versi bikinan India.

Sebagai kompensasi atas meningkatkan bobot, Renault menggunakan mesin yang dikatakan lebih bertenaga, meski tipenya kurang lebih sama, 1.000 cc 3-silinder berbahan bakar bensin dengan tenaga maksimal 75 tk.

Baca: Harga Murah, Begini Hasil Uji Tabrak Renault Kwid

Selanjutnya, Renault Brasil menambahkan ISOFIX untuk meningkatkan standar keamanan pada bayi atau anak-anak. Kursi dirancang memiliki sabuk pengaman yang sesuai dengan tubuh anak kecil, atau isa dikaitkan dengan kursi bayi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kantung udara juga ada empat titik. Peranti rem ABS disiapkan sebagai standar. Ini sangat kontras dengan Kwid versi India yang cuma menyediakan satu kantung udara buat sopir. Pre-tensioner pada sabuk pengaman pun dijadikan opsi untuk grade tertinggi.

Sebagai informasi tambahan, pada tes tabrak yang dilakukan Global NCAP Akhir tahun lalu, Kwid versi India hanya mendapatkan rating satu bintang. Bertambahnya tingkat keamanan ini dianggap wajar untuk memenuhi standar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Autoblog
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.