Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Pantau Ketat Pasar Ignis dan Kwid

Kompas.com - 02/12/2016, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar segmen compact crossover segmen A atau sport utility vehicle (SUV) entry, sudah mulai dibuka Renault, melalui produknya Kwid. Di mana ini nampaknya bakal disusul oleh Suzuki, dengan Ignis-nya tahun depan, serta tidak ketinggalan Datsun Go-Cross.

Terkait dengan mulai bermunculannya model model mini crossover ber-gorund clearance tinggi, sang pemimpin pasar, Toyota, masih belum bisa berkata banyak. Mereka masih menunggu dan melihat pasarnya terlebih dahulu, sebelum memasukkan produk ke sana.

Compact crossover segmen A bisa jadi. Itu yang kemarin kelas MPV entry, Datsun Go yang masuk terlebih dahulu, habis itu baru Calya. Kami enak kok, wait and see saja, kami lihat dulu pasarnya, kalau jadi baru masuk. Banyak strategi, mau kami duluan atau melihat market dahulu,” ujar  Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Marketing Toyota Astra Motor (TAM) kepada KompasOtomotif, Rabu (30/11/2016).

Baca juga : Renault Kwid Telikung Go Cross dan Ignis

Stategi ini, kata Soerjopranoto, juga diprediksi akan dilakukan oleh Honda, padahal mereka pemimpin pasar di segmen SUV. “So far, mengapa Honda tidak mau masuk ke SUV entry, kalau saya bilang Honda wait and see juga. Kita lihat saja Ignis itu,” ujar Soerjo.

Pasar SUV Flat

Soerjopranoto mengatakan, kalau segmen MPV tidak bisa digantikan, walaupun saat ini SUV sedang mengalami pertumbuhan. Tahun depan Toyota masih mengandalkan model MPV-nya di Indonesia.

“Teman-teman menulisnya seperti itu, pasar SUV berkembang, segala macam, tapi saja berani menjamin, SUV yang saat ini berkembang sudah mencapai mature-nya, sudah flat. Jadi sudah susah untuk didorong lagi,” ujar Soerjo.

“Jadi kembali lagi kami wait and see saja terlebih dahulu,” ujar Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com