Taksi Terbang Siap Beraksi di Singapura

Kompas.com - 27/03/2017, 16:08 WIB
Taksi terbang buatan China, Ehang 184. Nypost.comTaksi terbang buatan China, Ehang 184.
|
EditorAgung Kurniawan

Singapura, KompasOtomotif – Penduduk Singapura nampaknya bakal bisa menikmati pelayanan taksi terbang. Bukan khayalan, rencana ini sudah masuk dalam agenda Kementerian Transportasi Singapura.

Mengutip New York Post dari Singapore Business Times, Senin (26/3/2017), Menteri Transportasi bahkan sudah melakukan negoisasi dengan perusahaan teknologi, untuk mulai melakukan uji coba taksi “drone”, untuk mengambil penumpang dan mengantarkannnya.

Nantinya pengoperasian unit taksi ini seperti Uber, di mana pemesanannya menggunakan skema atau sistem e-hail. Jadi konsumen hanya perlu order taksi terbang dengan menggunakan ponsel pintar, kemudian unit taksi akan datang dan menjemput.

Taksi drone yang dipertimbangkan untuk di boyong ke Singapura adalah Hoversurf Scorpion, yang dibuat oleh startup Rusia, Volocopter VC200 dari perusahaan Jerman e-volo, dan model buatan China, Ehang 184.

Sebelumnya, Dubai juga sudah memperkenalkan Ehang 184 sebagai taksi terbang, yang akan beroperasi musim panas ini.

Pang Kin Keong, Sekertaris Tetap Kementerian Transportasi mengatakan, kalau Singapura akan mimiliki berbagai jenis moda angkutan umum sampai tahun 2030 nanti. Selain taksi terbang, juga akan ada bus otonomos, yang bisa mengubah rute, sesuai keingan penumpang.

“Pada 2030, transportasi udara juga akan menjadi sarana mobilitas perkotaan," ujar Pang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X