Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Persiapan GP Singapura

Kompas.com - 13/09/2016, 14:42 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Singapura, Kompas Otomotif — Segala persiapan terus dilakukan untuk menyambut datangnya balap Formula 1, seri Grand Prix (GP) Singapura, yang rangkaiannya akan berlangsung dari Jumat (16/9/2016) hingga Minggu (18/9/2016).

Menjelang hari pergelaran, Sirkuit Marina Bay, tempat GP Singapura berlangsung, terus "mempercantik diri" agar jalannya balapan berlangsung lancar dan sukses.

Berbagai persiapan terus dilakukan, mulai dari pemeriksaan lintasan balap, podium, paddock area, ruang media dan konferensi pers, hingga terkait daya penerangan lampu lintasan.

Singapura telah menyelenggarakan GP Formula 1 dari tahun 2008 dan sejak saat itu hingga sekarang balapan dilangsungkan pada malam hari.

Pada Kamis (8/9/2016), Kompas Otomotif dan tiga jurnalis lain berkesempatan untuk mengunjungi Sirkuit Marina Bay, Singapura.

Di luar sirkuit, dengan mudah akan terlihat beberapa pekerja yang sedang mempersiapkan peralatan dan berbagai keperluan balapan di tenda-tenda.

Selain itu, ada juga deretan bangunan paddock area bagi tim-tim peserta balap Formula 1.

Memasuki Sirkuit Marina Bay, ruangan yang pertama kali dikunjungi ialah ruang media. Di sini, terdapat beberapa baris meja dan deretan kursi yang dilengkapi dengan layar monitor di atasnya. 

KOMPAS.com/ERIS EKA JAYA Ruangan media di Sirkuit Marina Bay, Singapura. Dalam ruangan ini, terdapat beberapa monitor, televisi, dan jaringan koneksi internet untuk keperluan tugas media.
Ruangan media ini pun dilengkapi dengan jaringan koneksi internet, beberapa televisi, dan tentu saja tersedia pula makanan dan minuman bagi para pekerja pers yang meliput jalannya balapan.

"Kami menyadari bahwa pekerjaan rekan pers itu terkadang bertensi tinggi. Karena itu, kami berkomitmen untuk menyediakan tempat dan fasilitas yang baik agar jurnalis dapat bekerja dengan nyaman," kata Eikhta Khemlani, Assistant Director Media and Communications Singapore GP.

Selesai melihat ruangan media, kami pun berlanjut untuk melihat bagian podium, tempat para pebalap peringkat tiga besar merayakan keberhasilannya.

Tampak beberapa pekerja sedang melengkapi beberapa bagian dari podium yang masih dalam proses penyelesaian.

KOMPAS.com/ERIS EKA JAYA Tampak pekerja di Sirkuit Marina Bay, Singapura, sedang merapikan dan melengkapi bagian dari podium sirkuit, Kamis (8/9/2016).
Setelah itu, bagian berikutnya yang kami datangi ialah lintasan sirkuit. Di sini pun terlihat beberapa pekerja yang mengecat kembali warna-warna penanda di jalur balapan, misalnya garis tepi jalur.

Tak ketinggalan, Eikhta pun memandu kami untuk melihat lokasi belokan pertama di sirkuit yang memiliki panjang lintasan 5,065 km ini.

"Ini adalah lokasi favorit bagi penonton. Di seberang belokan ini, terdapat tribune bagi penonton. Ini adalah lokasi favorit. Mengapa? karena pada belokan pertama ini, sering terjadi momen-momen menarik, seperti pebalap yang menyalip, senggolan, dan terkadang ada beberapa insiden," kata Eikhta.   

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com