Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rolls-Royce Mengaku Tanpa Pesaing

Kompas.com - 06/03/2017, 15:43 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Berlin, KompasOtomotif — Mungkin akan terdengar sedikit “jemawa”, tetapi inilah yang dikatakan salah satu pimpinan merek mobil mewah Rolls-Royce, Peter-Paul Schoppmann, Regional Director untuk Jerman serta Eropa Utara dan Timur, bahwa mereknya tidak memiliki pesaing di industri otomotif dunia.

Mengutip Motor1.com, Senin (6/3/2017), Schoppmann menyampaikan itu karena menganggap sudah tidak ada lagi merek mobil mewah lain, yang bisa menawarkan lebih dari yang Rolls-Royce berikan, mulai dari perlengkapan, kemewahan, dan kustomisasi.

“Tidak ada lagi di atas Rolls-Royce, dan Bentley juga tidak benar-benar sebagai pesaing. Ini karena harga satu model Rolls-Royce bisa membeli dua Bentley,” ujar Schoppmann.

Harga jual rata-rata mobil baru Rolls-Royce ada di kisaran angka 300.000 euro atau Rp 4,25 miliar, dengan konsumen yang umumnya ada di usia 50 tahunan, atau sudah turun 10-20 tahun dari rata-rata usia pembeli sebelumnya. Bahkan dengan model kupe Wraith dan convertible Dawn, sasaran konsumen adalah mereka yang masih di usia 40 tahun ke atas.

Schoppmann juga menuturkan kalau lawannya bukan lagi Mercedes-Maybach atau Bentley, tetapi pesawat jet pribadi, kapal pesiar (yacht), karya seni dan real estat. Rolls-Royce menyebut Bentley sebagai volume brand di segmen mewah sejak mereka mulai menjual 10.000 mobil per tahunnya.

Sementara itu, saat ini, fasilitas infrastruktur yang dimiliki Rolls-Royce di Goodwood hanya sanggup memproduksi mobil dengan kapasitas per tahunnya sebanyak 5.000 unit. Schoppmann mengatakan kalau jumlah bukan masalah penting untuk perusahaannya, yang penting adalah bisnisnya masih menguntungkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com