Rolls-Royce Mengaku Tanpa Pesaing

Kompas.com - 06/03/2017, 15:43 WIB
Motor1.com Rolls-Royce Dawn 2016.

Berlin, KompasOtomotif — Mungkin akan terdengar sedikit “jemawa”, tetapi inilah yang dikatakan salah satu pimpinan merek mobil mewah Rolls-Royce, Peter-Paul Schoppmann, Regional Director untuk Jerman serta Eropa Utara dan Timur, bahwa mereknya tidak memiliki pesaing di industri otomotif dunia.

Mengutip Motor1.com, Senin (6/3/2017), Schoppmann menyampaikan itu karena menganggap sudah tidak ada lagi merek mobil mewah lain, yang bisa menawarkan lebih dari yang Rolls-Royce berikan, mulai dari perlengkapan, kemewahan, dan kustomisasi.

“Tidak ada lagi di atas Rolls-Royce, dan Bentley juga tidak benar-benar sebagai pesaing. Ini karena harga satu model Rolls-Royce bisa membeli dua Bentley,” ujar Schoppmann.

Harga jual rata-rata mobil baru Rolls-Royce ada di kisaran angka 300.000 euro atau Rp 4,25 miliar, dengan konsumen yang umumnya ada di usia 50 tahunan, atau sudah turun 10-20 tahun dari rata-rata usia pembeli sebelumnya. Bahkan dengan model kupe Wraith dan convertible Dawn, sasaran konsumen adalah mereka yang masih di usia 40 tahun ke atas.

Schoppmann juga menuturkan kalau lawannya bukan lagi Mercedes-Maybach atau Bentley, tetapi pesawat jet pribadi, kapal pesiar (yacht), karya seni dan real estat. Rolls-Royce menyebut Bentley sebagai volume brand di segmen mewah sejak mereka mulai menjual 10.000 mobil per tahunnya.

Sementara itu, saat ini, fasilitas infrastruktur yang dimiliki Rolls-Royce di Goodwood hanya sanggup memproduksi mobil dengan kapasitas per tahunnya sebanyak 5.000 unit. Schoppmann mengatakan kalau jumlah bukan masalah penting untuk perusahaannya, yang penting adalah bisnisnya masih menguntungkan.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAgung Kurniawan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X