BMW Butuh Kejelasan Terkait "Pajak Emisi"

Kompas.com - 09/02/2017, 09:02 WIB
BMW X5 xDrive40e merupakan model hibrida plug-in pertama dari BMW Indonesia yang masuk homologasi, sebelum i8. Febri Ardani/KompasOtomotifBMW X5 xDrive40e merupakan model hibrida plug-in pertama dari BMW Indonesia yang masuk homologasi, sebelum i8.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah hadir dalam kegiatan Indonesia Economic Forum (IEF), dengan mengadakan diskusi "E-mobility, The Future of the Automotive Industry”, kali ini BMW kembali turut serta lebih dalam, pada Focus Group Discussion (FGD), terkait perumusan peta jalan (roadmap) industri kendaraan, dikaitkan dengan Kebijakan Energi Nasional dan target penurunan gas rumah kaca (CO2).

Selain menyatakan berpengalaman dalam membantu penurunan CO2 seperti yang pernah dilakukan di Eropa, BMW Group juga ingin mendapat kejelasan mengenai regulasi, mengenai pajak berdasarkan emisi.

“Regulasi yang jelas, juga akan membuat strategi ke depannya akan lebih jelas. Pasalnya, untuk membentuk rencana jangka panjang harus dipersiapkan jauh hari,” ujar Jodie O’tania, Vice President Corporate Communications BMW Group, Rabu (8/2/2017).

Rencana ini kemungkinan besar terkait dengan investasi yang bakal digelontorkan BMW di Indonesia. Namun Jodi tidak menyebut lebih mendetail mengenai perihal tersebut.

Bukan hanya dari pemerintah, Jodi juga berharap ada dukungan dari pihak lain, sehingga masyarakat tergerak untuk menggunakan mobil zero emission, seperti produk milik BMW yang disebut E-Mobility (hybrid atau full-electric) .

“Jadi bukan hanya dari sisi finansial, dengan pemotongan pajak (menjadi lebih murah dan terjangkau), tapi juga non-finansial. Seperti dengan memberikan jalur khusus, parkir mobil dan melakukan pengecasan gratis,” ujar Jodie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.