Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canggihnya Kunci BMW Seri 7 Terbaru

Kompas.com - 07/02/2017, 09:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Saat merek lain fokus membuat kunci sebagai alat pengaman ganda, BMW justru memanfaatkannya sebagai implementasi dari sebuah kecanggihan teknologi. Inilah salah satu inovasi yang disebut BMW Display Key dengan menambahkan layar sentuh pada kunci agar bisa dipakai untuk melakukan berbagai hal.

KompasOtomotif cukup penasaran dengan kunci canggih ini, dan berkali-kali mencoba fungsinya saat BMW Indonesia memberi kesempatan mengeksplor Seri 7 dalam Luxurious Journey, belum lama ini. Kesan awal, impresif.

Display Key menggunakan layar sentuh 2,2 inci. Lalu ada enam tombol di sekelilingnya. Di dalam layar tersedia empat fitur utama, juga informasi mengenai status baterai dan waktu. Jangan khawatir kehabisan baterai, karena bisa diisi ulang layaknya ponsel dengan kabel yang dihubungkan power outlet.

Menariknya, kunci ini bisa digunakan dengan radius hingga 300 meter. Jangan anggap sederhana, karena dalam satu kunci kecil itu, ada banyak perintah yang bisa dilakukannya. Sambil ngopi di kafe, atau meeting di kantor, Anda bisa mengecek kondisi mobil.

team-BHP BMW Display Key, salah satunya bisa melihat satus keamanan mobil.
1. Status Mobil. Kita bisa tahu kondisi beberapa item, termasuk ketika mobil sudah saatnya diservis rutin. Atau, kita juga bisa tahu kondisi lampu dalam kabin yang masih menyala.

2. Status Bahan Bakar. Dari kunci itu, juga bisa diketahui jumlah bahan bakar dalam tangki, sekaligus seberapa jauh jarak yang bisa ditempuh dengan bensin tersisa. Anda bisa memprediksi kapan harus menuju SPBU sebelum memulai perjalanan.

3. Info keamanan. Saat mobil sudah ditinggal, Anda masih bisa mengecek status keamanannya. Mulai dari keadaan pintu (terkunci atau tidak), kaca mobil dan atap (terbuka atau tertutup), dan sistem keamanan lainnya.

4. Pengatur suhu. Ini yang bikin geleng-geleng kepala. Kunci bisa mengatur suhu kabin ruangan dengan mematikan atau menghidupkan AC mobil. Jadi, misalnya mobil berada di area parkir yang sangat panas, lalu beberapa saat lagi Anda akan memulai perjalanan, cukup hidupkan AC mobil dari kunci, meski mesin akan tetap dalam kondisi mati. Anda akan memulai perjalanan dengan suhu kabin yang sudah dingin.

Sayang, pada kunci BMW Seri 7 di Indonesia, ada salah satu fungsi yang hilang, yakni fungsi untuk melakukan parkir otomatis (Remote Control Parking). Tapi jangan khawatir, karena BMW Indonesia berjanji menghadirkan fitur ini tak lama lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com