Kompas.com - 25/01/2017, 07:22 WIB
Grandong, penggiling padi yang disulap jadi kendaraan berjalan. segalamesin.comGrandong, penggiling padi yang disulap jadi kendaraan berjalan.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Wanaherang, KompasOtomotif - Kementerian Perindustrian mengaku tengah melakukan uji jalan prototipe mobil perdesaan. Rencananya, program ini sengaja diciptakan demi mendorong perekonomian desa dan prototipe resmi akan diperkenalkan pada Agustus 2017 mendatang.

Untuk proses produksi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, mengatakan, bahwa konsep produksi bersifat fleksibel dengan sistem open source.

"Kita lihat dari fasilitas yang ada, jadi nanti ada beberapa assembler yang bisa kita pakai baik lokal atau ATPM. Untuk sekarang kita buat sistemnya open source jadi bisa di mana saja karena right-nya (hak) itu ada di kami (Kemenperin)," ucap Airlangga di Bogor, Selasa (24/1/2017).

Ketika ditanya apakah nantinya akan menggandeng pihak produsen mobil untuk proses pengembangan, Airlangga menegaskan bahwa tidak akan seperti itu.

Baca juga : Mobil Perdesaan Lagi Tes Jalan, Sudah 100.000 km

"Karena ini sifatnya kendaraan perdesaan, jadi kami akan buatkan sistem desain, komponen, dan alternatif variasi produksi. Jadi nantinya, mobil ini bisa diproduksi di bengkel-bengkel atau karoseri setempat," ucap Airlangga.

Sebelumnya, Airlangga menjelaskan unit prototipe perdesaan sedang melakukan uji jalan. Total hingga saat ini sudah lebih dari 100.000 km yang ditempuh, sedangkan untuk desain masih dalam tahap pengembangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.