Masalah Emisi Nissan, BMW, Porsche di Korsel Makin Keruh

Kompas.com - 03/01/2017, 12:32 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Seoul, KompasOtomotifKorea Selatan melarang penjualan 10 model dari merek Nissan, BMW, dan Porsche. Ini dilakukan setelah dokumen sertifikasi dinyatakan tak sesuai (sudah direkayasa). Kejadian ini mirip apa yang dialami Volkswagen soal skandal emisi.

Pemerintah setempat melakukan pengumuman itu pada Agustus, sementara penjualan dihentikan dan dilakukan investigasi. Sembilan model dilarang dijual sejak Desember 2016 lalu, sedangkan khusus Nissan Qashqai diesel dilarang sejak Juni.

Kendaraan yang kini diembargo adalah BMW X5 M, Nissan Qashqai, Infiniti Q50, and Porsche's Macan S Diesel, Cayman SE Hybrid & Turbo, 918 Spyder, Cayman GTS, 911 GT3 and Panamera SE Hybrid .

Denda pun diberikan untuk semua merek, terkait dengan model-model yang sudah dijual. Total denda yang diberikan untuk mereka mencapai 7,17 miliar won, atau setara Rp 79,9 miliar, terafiliasi dengan 4.523 kendaraan yang sudah terjual.

Juru bicara Nissan Motor Co Ltd di Korsel serta BMW AG menyatakan sedang mempelajari temuan pemerintah ini, sembari menyatakan untuk cek ulang sertifikasi. Sementara juru bicara Porsche AG belum bisa dimintai keterangan.

Korsel memang termasuk salah satu negara yang ”keras” dengan Volkswagen terkait skanda emisi gas buang. Pemerintah melancarkan protes terhadap para eksekutif merek itu, melarang penjualan hampir semua model, hingga mendenda.

Bahkan yang mencengangkan, Korsel bulan lalu bakal membawa para mantan dan petinggi Volkswagen AG di Korsel ke meja hijau, dan menagih denda 37,3 miliar won (setara Rp 415 miliar) karena memasang iklan yang salah tentang emisi gas buang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.