Kompas.com - 19/12/2016, 18:26 WIB
|
EditorAgung Kurniawan
Karawang, KompasOtomotif ‎- Simpang siur mengenai pemberitaan bahwa mobil kota Etios berhenti diproduksi sudah dapat bantahan dari Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Konfirmasi makin kuat karena Etios masih bisa ditemui di pabrik perakitan TMMIN Plant II di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016). 
 
Satu unit Etios terlihat di bagian kontrol kualitas setelah selesai diproduksi. Memang di jalur produksi Etios jarang muncul, lebih banyak Yaris dan Sienta yang dirakit menyesuaikan kondisi pasar. Selain ketiga model itu, Karawang Plant II juga memproduksi Vios dan Limo.
V‎ictor Sinaga Manager Assembly Karawang Plant II menjelaskan, produksi Etios sekarang sekitar 1.500 unit per bulan. Jumlah itu lebih sedikit dari model lain yang diproduksi di Plant II. 
 
"Etios ini sangat bersejarah buat ‎Plant II. Kalau tidak ada Etios, mungkin Plant II tidak ada," kata Victor di lokasi. 
 
Etios merupakan syarat buat TMMIN dari prinsipal jika ingin membangun Plant II pada 2012. Etios adalah model pertama yang diproduksi di Plant II. 
 
Etios meluncur pada Maret 2013, sepanjang kariernya hingga sekarang sudah lebih dari 31.500 unit yang diproduksi. Sepanjang Januari - Oktober tahun ini, produksinya mencapai 3.100 unit. ‎
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.