Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Buktikan bahwa Etios Masih Diproduksi

Kompas.com - 19/12/2016, 18:26 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Karawang, KompasOtomotif ‎- Simpang siur mengenai pemberitaan bahwa mobil kota Etios berhenti diproduksi sudah dapat bantahan dari Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Konfirmasi makin kuat karena Etios masih bisa ditemui di pabrik perakitan TMMIN Plant II di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016). 
 
Satu unit Etios terlihat di bagian kontrol kualitas setelah selesai diproduksi. Memang di jalur produksi Etios jarang muncul, lebih banyak Yaris dan Sienta yang dirakit menyesuaikan kondisi pasar. Selain ketiga model itu, Karawang Plant II juga memproduksi Vios dan Limo.
V‎ictor Sinaga Manager Assembly Karawang Plant II menjelaskan, produksi Etios sekarang sekitar 1.500 unit per bulan. Jumlah itu lebih sedikit dari model lain yang diproduksi di Plant II. 
 
"Etios ini sangat bersejarah buat ‎Plant II. Kalau tidak ada Etios, mungkin Plant II tidak ada," kata Victor di lokasi. 
 
Etios merupakan syarat buat TMMIN dari prinsipal jika ingin membangun Plant II pada 2012. Etios adalah model pertama yang diproduksi di Plant II. 
 
Etios meluncur pada Maret 2013, sepanjang kariernya hingga sekarang sudah lebih dari 31.500 unit yang diproduksi. Sepanjang Januari - Oktober tahun ini, produksinya mencapai 3.100 unit. ‎
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com