Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Etios Valco Stop Produksi!

Kompas.com - 01/12/2016, 06:57 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sudah sejak Desember 2015 lalu kabar Etios Valco berhenti diproduksi mulai bergulir, dan akhirnya kali ini pihak Toyota berkata jujur. Mulai November 2016 ini, rival Honda Brio ini tutup buku.

Ini seperti yang dibocorkan Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Marketing TAM, Rabu (30/11/2016), saat peluncuran Toyota Transmover. Ketika ditanyakan apakah ini karena performa penjualannya yang buruk, Soerjopranoto menampiknya.

“Etios Valco kami akan diberhentikan produksinya, per bulan November ini, jadi sudah tidak dibuat lagi. Tidak drop penjualannya, hanya saja kami ingin lebih efektif dengan produk yang kami miliki,” ujar Soerjopranoto.

Baca juga : Toyota “Stop” Etios Valco di Indonesia?

Terkait dengan stoknya, Soerjopranoto menuturkan, kalau Etios Valco sudah habis di diler.  Jadi tahun depan konsumen yang menginginkan model sub-kompak segmen A milik Toyota ini, sudah tidak akan ada lagi.

“Terkait dengan model pengantinya tunggu saja, akan ada mobil baru, bisa dari produk yang ada lalu kami ubah, bisa juga model baru. Tapi tentunya pasti ada,” kata Soerjopranoto.

Baca juga : Toyota Enggan Bersuara Soal Penjualan Etios

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia (Gaikindo), pasokan Etios Valco kembali dikurangi dibulan Oktober di angka 129 unit, padahal di bulan September masih sebesar 292 unit.  Satu segmen dengan Etios, Honda Brio masih menjadi yang terlaris dengan pencapaian di bulan Oktober 2016 berjumlah 1.188 unit.

Ghulam/KompasOtomotif Etios Valco Januari-Oktober 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com