Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekam Jejak Etios Valco di Indonesia

Kompas.com - 01/12/2016, 19:24 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Walau sudah banyak kabar negatif yang beredar, senja di belakang Etios Valco belum benar-benar tertutup. Masih ada asa buat hatchback produksi lokal ini, karena Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan produksinya tetap berlanjut pada tahun ini.

Baca: Toyota Etios Valco Stop Produksi

Baca: Ternyata Toyota Etios Valco Masih Diproduksi

Etios meluncur di Tanah Air pada Maret 2013. Produksinya dilakukan di pabrik kedua TMMIN di Karawang, Jawa Barat. Menurut data yang dibeberkan pihak TMMIN kepada KompasOtomotif, Kamis (1/12/2016), sepanjang karir Etios sudah diproduksi lebih dari 31.500 unit.

Motorbeam.com Toyota Etios Platinum "facelift" 2016 di India.
Pada masa awal, Etios sempat sukses memperkuat pasar Toyota di segmen hatchback mendampingi Yaris. Angka produksi terbesar Etios pun tercatat terjadi pada tahun pertama, yakni 12.800 unit.

Seiring waktu, model dengan mesin 1.2L ini yang hanya tersedia varian transmisi manual ini tidak menemukan performa terbaiknya. Rekaman jumlah produksinya mulai merendah pada 2014, menjadi sekitar 10.000 unit.

Kelesuan semakin jadi pada 2015, produksi Etios hanya mencapai 5.600 unit. Jumlah ini menyesuaikan hasil wholesales Etios yang terekam 5.137 unit pada tahun yang sama.

Tanpa varian otomatis dan facelift yang tidak kunjung datang, Etios seakan tidak punya kesempatan buat menyegarkan pasarnya. Pihak TMMIN pada awal tahun ini sudah menyatakan rencana produksi Etios menurun menjadi 4.400 unit.

Baca: Etios Valco Belum Berakhir Tahun Ini

Terpampang pada data, sepanjang Januari – Oktober jumlah produksinya mencapai 3.100 unit.

Produksi Etios oleh TMMIN hanya untuk penjualan domestik. Selain di Indonesia, Etios juga diproduksi di India dan Brasil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com