Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Enggan Bersuara Soal Penjualan Etios

Kompas.com - 20/09/2016, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Di segmen mobil kota, performa penjualan Toyota Etios Valco memperoleh hasil yang tidak membanggakan pada Agustus 2016. Pasalnya, dari sembilan model dari merek yang berbeda, tujuh di antaranya mengalami kenaikan.

Penurunan Toyota Etios mencapai 37,50 persen, jika dibandingkan Juli di mana berhasil terjual 288 unit, sementara di Agustus hanya 180 unit. Entah ini karena memang buruknya kinerja, atau karena modelnya yang sudah tidak menarik lagi bagi konsumen.

Namun bisa jadi, turunnya penjualan Etios karena stoknya yang sudah terbatas dan akan dihabiskan, di mana ini karena akan hadirnya produk baru. Anton Jimmy Suwandy, Kepala Divisi Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) enggan mengomentari penurunan tersebut.

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan mobil kota (wholesales) dari bulan Januari sampai Agustus 2016.

“Etios masih tetap kami maintain, dengan penjualan kira-kira di angka 300 unit per bulan,” ujar Anton kepada KompasOtomotif, Senin (19/9/2016).

Terkait dengan apakah akan hadir Etios terbaru, Anton mengatakan, belum ada rencana tersebut. “Untuk perubahan produk baik desain maupun mesin, kami belum memiliki rencana itu,” kata Anton.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Etios sendiri terjual rata-rata sebanyak 340 perbulannya (Januari-Agustus 2016). Sedangkan tahun lalu pada periode yang sama, di angka 458 unit rata-ratanya. Saat ini, Etios ada di posisi kedua di bawah Honda Brio, dengan selisih yang cukup jauh.

Ghulam/KompasOtomotif Performa Toyota Etios trennya menurun sepanjang Januari-Agustus 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com