Kompas.com - 09/12/2016, 09:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Pengenalan prototipe mobil perdesaan sudah tinggal menunggu waktu saja. Saat ini protipe sedang digodok, dengan menggandeng perguruan tinggi dan para siswa SMK Indonesia.

Institut Otomotif Indonesia (IOI) ditunjuk sebagai koordinator pengembangan kendaraan tersebut. Made Dana Tangkas, Presiden Institut Otomotif Indonesia mengatakan, kalau pihaknya sudah merencanakan pengenalan model prototipenya.

“Kami sudah memiliki bayangannya. Kemungkinan pada 17 Agustus 2017, kami akan perkenalkan bentuk mobil perdesaan yang sudah kami kembangkan,” ujar Made yang juga menjabat sebagai Direktur Hubungan Eksternal PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), kepada KompasOtomotif, Kamis (8/12/2016).

Baca juga : IOI Bakal Jadi “Gerbong” Angkutan Perdesaan

Made melanjutkan, sementara itu model produksinya masih menunggu nominasi 10 besar peserta lomba desain mobil perdesaan yang dipilih oleh juri, di antaranya Kementerian Perindustrian, IOI serta Persatuan Insinyur Indonesia. Dari 10 desain tersebut, akan kembali dipilih mana yang tepat dan merepresentasikan mobil perdesaan asli Indonesia.

“Dari 10 nominator nanti yang paling cocok dan tepat, sensitifkah para peserta dengan kebutuhan rakyat, dan kemudian dituangkan dalam rupa desain mobil perdesaan. Jadi dari bentuk prototipe, rupa jadinya bisa di akhir 2017 atau awal 2018,” ujar Made.

Sepeerti yang dikatakan Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, mobil ini nantinya akan ditargetkan memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sampai 90 persen. Adapun pemenuhan kebutuhan permesinan akan dilakukan dengan menggandeng perusahaan yang sudah andal. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.