IOI Selenggarakan Lomba Desain Mobil Perdesaan

Kompas.com - 09/12/2016, 07:01 WIB
Lomba mobil perdesaan yang diselenggarakan IOI bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian. IstimewaLomba mobil perdesaan yang diselenggarakan IOI bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Program mobil perdesaan ternyata tidak diam di tempat, Institut Otomotif Indonesia (IOI) bersama dengan Kementerian Perindustrian mulai melangkah, salah satunya dalam menentukan konsep bentuk mobil perdesaan tersebut.

Menurut keterangan Made Dana Tangkas, Presiden IOI, pihaknya sudah menggulirkan "Lomba Desain Kendaraan Perdesaan Indonesia". Di mana ini nampaknya jadi salah satu cara memecah kebuntuan, untuk menentukan bentuk mobil perdesaan ke depannya.

“Konsep mobil perdesaan dari IOI sudah ada, namun kami masih ingin mencari lagi bentuk yang lain melalui lomba ini. IOI dan Kemenperin akan memfasilitasi segala inovasi dan kreativitas anak negeri,” ujar Made saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (8/12/2016).

Kompetisi ini akan dilaksanakan secara bertahap, pertama tanggal 5 Desember 2016 merupakan awal perlombaan. Lalu tahap kedua, 13-24 Januari 2017 yaitu memasukan konsep desain kendaraan pedesaan Indonesia. Tahap ketiga, 7-16 Februari 2017, memasukan gambar, desain, dan mock up (1:100).

Baca juga : Mobil Perdesaan Harusnya Jadi Mainan Produsen Lokal

"Kemudian pada tahap keempat adalah tahap penjurian, serta penetapan pemenang akan dilakukan pada 17-24 Februari 2017. Lalu serta pada tahap kelima, 25 Februari 2017 adalah pengumuman nominasi. Selanjutnya terakhir pada 3-4 Maret 2017 presentasi dan simulasi peserta nominasi dihadapan para dewan juri," ujar Made.

Made Dana Tangkas menambahkan, sesi presentasi dan simulasi kemungkinan akan digelar di Gedung Bali Creative Industri Centre (BCIC), Denpasar Bali. Informasi lebih lanjut bisa langsung sambangi website resmi, atau hubungi sekertariat IOI.

“Bentuk desain dan model dari kendaraan perdesaan Indonesia ini diharapkan tidak bersinggungan, dengan model kendaraan yang telah beredar saat ini, dan tidak ketinggalan jaman. "Kita berharap model dan desain Kendaraan Perdesaan Indonesia ini bersifat unik dan mempunyai ciri khas nusantara," ucap Made.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.