Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencegah Sakit Hernia yang Kerap Dialami Sopir Truk

Kompas.com - 10/11/2016, 09:49 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Melihat gerakan sopir truk yang naik turun (berayun-ayun) berulang-ulang ketika berkendara, jadi pemandangan yang tidak asing. Seperti mainan yang biasa dipajang di dasbor mobil. Meski tampak lucu, tapi pada akhirnya muncul pertanyaan, mengapa seperti itu?

Theo Wibisono, Head of Product Management UD Truck kemudian bersedia menjelaskan. Dirinya mengatakan gerakan itu lantaran piranti air suspension yang disematkan pada bagian bawah kursi pengemudi.

"Iya, ada air supension di bagian bawah kursinya, dan itu sangat membantu. Karena jika tidak, sopir bukan hanya mudah lelah tapi juga bisa mengalami 'kondor' (turun berok/hernia). Untuk produk UD Trucks sudah disematkan kelengkapan itu, khususnya untuk jenis traktor 4x2," ujar Theo menjawab KompasOtomotif, Rabu (9/11/2016), di kawasan Parkir Timur Senayan.

Theo menambahkan, ini menjadi masalah untuk kebanyakan sopir truk jika mobilnya tidak dilengkapi air suspension di kursi, khusnya 4x2 tractor head. Salah satu faktor penyebabnya juga karena truk umumnya memiliki suspensi yang keras, apalagi jika ditambah beban. Efeknya goncangan yang diterima oleh pengemudi cukup kuat, jadi harus dibantu dengan air suspension.

"Begitu melintasi jalan yang tidak halus atau rata, maka akan bumpy dan berayun-ayun. Jadi penting dengan air suspension di bawah kursinya. Konsepnya berbeda dengan mobil penumpang," ujar Theo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com