Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Jadwal Peluncuran Yaris Terbaru

Kompas.com - 21/09/2016, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota masih punya amunisi tahun ini, setelah Sienta dan Calya, rencananya merek terlaris di Indonesia itu bakal meluncurkan hatchback Yaris versi baru pada November mendatang.

Perubahan paling signifikan ada pada sektor sistem penggerak. Jantung pacunya menggunakan mesin baru bahan alumunium produksi dalam negeri.

Unitnya sama seperti yang ada di bawah kap mesin MPV Sienta, yaitu 2NR-FE. Meski begitu, karena beda kebutuhan, sajian paket performanya tentu saja bakal berbeda.

Bukan hanya mesin yang serupa, Yaris juga meminjam continuous variable transmission (CVT) dari Sienta. Transmisi ini menggusur tipe lama otomatis 4-percepatan.

Menurut sumber dari Toyota Indonesia, Selasa (20/9/2016), Yaris terbaru tetap menggunakan transmisi manual 5-percepatan. Bukan memakai tipe manual Sienta, 6-percepatan.

Menurut catatan pendaftaran tipe yang tertera di Kementerian Perindustrian, akan ada tiga varian Yaris, yakni E, S, dan G. Ketiganya tersedia manual dan CVT, jadi total ada enam tipe. Varian S baru karena saat ini Yaris dijual dalam varian, E, G, dan TRD Sportivo. 

Sumber lain dari Toyota Indonesia beberapa hari yang lalu juga memastikan tanggal peluncuran New Yaris, yaitu pada 3 November 2016.

Varian New Yaris:
1.5 E M/T.
1.5 E CVT
1.5 S  M/T
1.5 S CVT
1.5 G M/T
1.5 G CVT 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com