Giliran Australia Tuduh Volkswagen Curang

Kompas.com - 01/09/2016, 17:11 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Sydney, KompasOtomotif
– Masalah kecurangan emisi bahan bakar Volkswagen terus meluas. Setelah Amerika Serikat, Italia, dan Korea Selatan, kini giliran Australia yang membawa pabrikan asal Jerman itu ke meja hijau.

Diberitakan Automotive News, Kamis (31/8/2016), pengawas konsumen Australia menuntut atas dasar kesengajaan Volkswagen menjual lebih dari 57.000 unit kendaraan yang dilengkapi perangkat lunak khusus untuk mengecoh regulasi emisi.

Tuntutan dilakukan via adalah lembaga hukum Maurice Blackburn. Tuntutan yang diminta senilai 100 juta dollar Australia dan biaya perbaikan sebagian dari 90.000 unit kendaraan.

“Tuduhan ini melibatkan pencobaan luar biasa serius dan di luar kebiasaan oleh korporasi global,” kata Rod Sims, Chairman Australian Competition and Consumer Commission (ACCC)

ACCC juga meminta Volkswagen mendeklarasikan kesalahannya kepada publik, membayar denda, serta mengoreksi promosi terkait yang sudah dilakukan selama lima tahun.

“Volkswagen terlibat dalam beberapa pelanggan hukum konsumen Australia dengan menyembunyikan perangkat lunak di kendaraan untuk menipu pengujian dan menyesatkan konsumen tentang kendaraan mereka,” ucap Sims.

Volkswagen Group Australia meragukan aksi ACCC. Dikatakan usaha ini bakal menguntungkan konsumen sebab Volkswagen masih menunggu persetujuan perbaikan perangkat lunak itu yang kemungkinan terjadi pada akhir tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.