Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Toyota Prius Terbaru, Diklaim Paling Aman

Kompas.com - 12/07/2016, 15:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

California, KompasOtomotif – Dua lembaga keselamatan di Amerika, memberikan predikat “baik” untuk Toyota Prius 2016, dan Prius Prime lug-in hibrida yang baru akan meluncur. Lembaga jaminan keselamatan jalan, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) memberikan penilaian baik, secara keseluruhan untuk dua Prius ini.

Dari hasil penilaian, pihak IIHS mengklaim bahwa itu adalah Prius yang paling aman yang pernah ada. Peringkat “baik” di semua kategori, membuat Prius mendapat penghargaan Top Safety Pick Plus 2016.

Mengutip Autoguide, Selasa (12/7/2016) Prius Prime dijadwalkan akan meluncur pada akhir tahun ini. Toyota berencana untuk menjadikan produk tersebut sebagai mobil plug-in hibrida terlaris pada tahun 2017, dengan target penjualan 60.000 unit, yang terjual setiap tahunnya.

Kemudian, The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) juga mengumumkan hasil serupa dengan IIHS, terkait pengujian keamanan. Kedua Prius berbagi platform dan struktur yang sama secara keseluruhan.

Untuk peringkat keselamatan secara keseluruhan untuk 2016 Prius, NHTSA mengeluarkan rating bintang lima, meskipun tidak semua tes mendapat skor tertinggi. Untuk tes tabrak depan, Prius menerima empat bintang, tabrak samping mendapat lima bintang, sementara untuk rollover, Prius diberi peringkat bintang empat, dan rating keseluruhan adalah lima bintang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com