Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIA Serukan Keselamatan Berkendara via IIMS 2016

Kompas.com - 17/02/2016, 15:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Presiden FIA (Federasi Otomotif Internasional) Jean Todt berkunjung ke Indonesia, Rabu (16/2/2016). Ia berkunjung sebagai duta Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk mengampanyekan program #SaveKidsLives, dan akan memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 mendatang.

Saat menyambangi kantor baru Pengurus Pusat (PP) Ikatan Motor Indonesia (IMI) di kawasan SCBD beberapa hari lalu, Todt menyatakan bahwa salah satu cara melindungi hidup anak-anak adalah dengan mendengungkan aspek keselamatan mengemudi secara terus-menerus.

Mantan Team Principal Ferrari Formula 1 itu pun membeberkan data kecelakaan lalu lintas di semua negara berkembang yang kini dalam kondisi memprihatinkan.

”Setiap hari terdapat 1,8 miliar anak yang berangkat sekolah dan mereka berisiko celaka di jalan. Penyebab terbesarnya adalah perilaku mengemudi di jalan raya,” ucap Todt.

Demi memperkuat kampanye itu, Todt membentuk program FIA Action for Road Safety dan menggandeng perwakilan FIA di banyak negara, termasuk IMI yang akan dijadikan partner untuk mengampanyekan program ini.

Setelah beramah-tamah dengan pengurus IMI termasuk Ketua Umum PP IMI Sadikin Aksa, Todt langsung ”roadshow” pada Rabu (16/2/2016), untuk bertemu beberapa menteri, Gubernur DKI Jakarta, dan Korlantas Polri untuk urusan yang sama.

Ketum PP IMI Sadikin Aksa mengaku siap mendukung program PBB melalui FIA karena pengurus baru IMI sejak awal sudah menempatkan safety sebagai program permanen dan berkelanjutan. Buat IMI, lanjut pria yang akrab disapa Ikin itu, isu ini sangat penting mengingat tingginya angka kecelakaan jalan raya di Indonesia.

”Bulan depan kami hadir di IIMS 2016 dengan booth dan acara khusus. Selanjutnya rutin mengadakan IMI Road Safety Goes to School dan kami sudah cetak buku petunjuknya untuk mengemudi mobil atau pun motor. Kami juga membuat program pelatihan bagi sopir kendaraan umum,” ujar Ikin.

Ikin dan jajarannya mengaku tengah mempersiapkan kampanye khusus di IIMS pada 7-17 April 2016 nanti, terutama pola komunikasinya. Terlebih lagi, IIMS juga punya program Safety Road Education to Children yang baru tahun ini diluncurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com