Infrastruktur, Salah Satu Cara Kurangi Pelanggaran Lalu Lintas

Kompas.com - 11/07/2016, 08:21 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Cara berkendara yang cenderung melanggar etika berlalu lintas, kerap ditemukan di jalanan Indonesia. Bukan hanya pesepeda motor yang sering disalahkan, begitu juga pengendara mobil.

Memandang ketidakdisiplinan tersebut, Edo Rusyanto, koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mengatakan, infrastruktur jadi salah satu cara, untuk membuat para pengendara menjadi teratur. Lebih dari itu bisa mereduksi kecelakaan.

“Melalui infrastruktur masyarakat kita akan mudah disiplin. Pasalnya memang diakui, kalau penegakan hukumnya masih sangat kurang,” tutur Edo kepada KompasOtomotif, Minggu (26/6/2016).

Edo melanjutkan, jadi pemerintah harus mempertimbangkan hal tersebut. Seperti salah satunya contohnya dengan membangun jalur khusus pesepeda motor. Sehingga tidak ada kesenjangan antara pesepeda motor dengan mobil.

“Kembali lagi, paksa pengendara untuk taat melalui infrastruktur dan penegakan hukum. Jadi sediakan infrastruktur dan sosialisasi yang massif kepada masyarakat. Lebih dari itu, tegakkan hukum yang tegas dan konsisten,” ujar Edo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.