Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Turun, Hino Masih Nikmati Pangsa Pasar

Kompas.com - 17/06/2016, 07:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penjualan kendaraan komersial periode Januari-Mei 2016 turun 22 persen dibandingkan tahun sebelumny. Khusus untuk truk kategori II (ringan) dan kategori III (medium), merosot sebesar 18 persen, secara nasional.

Namun, di tengah penurunan tersebut, Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) malah menikmati pangsa pasarnya yang naik, dari 58,85 persen di 2015 menjadi 59,07 persen, dengan penjualan 3.771 unit untuk medium duty truck.  

Sementara di segmen light truck, penjualan dalam lima bulan pertama 2016 sebesar 4.594 unit, dengan market share yang naik 3 persen, dari 18 persen menjadi 21 persen. Namun, walaupun pangsa pasar naik, dari jumlah unit masih belum melebihi tahun lalu.

Seperti pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Mei 2015, light truck Hino terjual 4.787 unit. Jika dibandingkan dengan saat ini, terjadi penurunan sebesar 4 persen.

“Kondisi pasar Indonesia yang belum stabil dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang belum tampak, dan ini tentu berdampak besar pada bisnis. Penurunan yang pada kendaraan komersial cukup signifikan, tapi kami merasa beruntung masih menikmati market share yang meningkat, 21 persen untuk Hino Dutro (light truck) dan Hino Ranger (medium truck) di angka 59 persen,” ujar Santiko Wardoyo, Direktur Sales dan Promosi HMSI, di Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Santiko melanjutkan, meski masih belum memuaskan saat ini, pada semester kedua nanti diprediksi penjualan akan akan membaik. Salah satu harapannya yaitu dari belanja pemerintah dan proyek-proyek infrastruktur yang akan di jalankan.

“Seperti kita ketahui semua kondisi ekonomi juga memang belom membaik. Kami mengharapkan, penyerapan dana anggaran pemerintah semester dua akan lebih dari semester ini, yang mencapai 26 persen. Oleh karena itu, kami optmis akan terus naik,” ujar Santiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com