Penjualan Turun, Hino Masih Nikmati Pangsa Pasar

Kompas.com - 17/06/2016, 07:45 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Penjualan kendaraan komersial periode Januari-Mei 2016 turun 22 persen dibandingkan tahun sebelumny. Khusus untuk truk kategori II (ringan) dan kategori III (medium), merosot sebesar 18 persen, secara nasional.

Namun, di tengah penurunan tersebut, Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) malah menikmati pangsa pasarnya yang naik, dari 58,85 persen di 2015 menjadi 59,07 persen, dengan penjualan 3.771 unit untuk medium duty truck.  

Sementara di segmen light truck, penjualan dalam lima bulan pertama 2016 sebesar 4.594 unit, dengan market share yang naik 3 persen, dari 18 persen menjadi 21 persen. Namun, walaupun pangsa pasar naik, dari jumlah unit masih belum melebihi tahun lalu.

Seperti pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Mei 2015, light truck Hino terjual 4.787 unit. Jika dibandingkan dengan saat ini, terjadi penurunan sebesar 4 persen.

“Kondisi pasar Indonesia yang belum stabil dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang belum tampak, dan ini tentu berdampak besar pada bisnis. Penurunan yang pada kendaraan komersial cukup signifikan, tapi kami merasa beruntung masih menikmati market share yang meningkat, 21 persen untuk Hino Dutro (light truck) dan Hino Ranger (medium truck) di angka 59 persen,” ujar Santiko Wardoyo, Direktur Sales dan Promosi HMSI, di Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Santiko melanjutkan, meski masih belum memuaskan saat ini, pada semester kedua nanti diprediksi penjualan akan akan membaik. Salah satu harapannya yaitu dari belanja pemerintah dan proyek-proyek infrastruktur yang akan di jalankan.

“Seperti kita ketahui semua kondisi ekonomi juga memang belom membaik. Kami mengharapkan, penyerapan dana anggaran pemerintah semester dua akan lebih dari semester ini, yang mencapai 26 persen. Oleh karena itu, kami optmis akan terus naik,” ujar Santiko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.